Alpen Steel | Renewable Energy

~ Teknologi Energi Listrik Dari Kincir Angin

Korsel Bantu Terangi Keraton Surakarta lewat Kincir Angin

 

SOLO--MICOM: Keraton Surakarta menjalin kerja sama dengan Korea Selatan (Korsel) untuk menerapkan teknologi energi listrik dari kincir angin. Nantinya, ini akan dipergunakan untuk penerangan listrik keraton.

Saat ini listrik di kompleks keraton masih jauh dari memadai dan sangat tergantung dengan PLN sebagai penyedia energi listriknya. "Kita bersama semua tahu, bagaimana kondisi listrik di keraton. Saat ini juga sedang bermasalah dengan PLN, terkait dengan pembayaran tiap bulan," ujar Ketua Lembaga Hukum Keraton Surakarta Kanjeng Pangeran Edi Wirabhumi kepada Media Indonesia, Jumat sore (8/10). 

 


Keraton berusaha mencari terobosan. Ketika dalam kesempatan kunjungan muhibah kesenian ke Korea awal Oktober lalu, diperlihatkan sebuah teknologi energi listrik murah yang berasal dari
sistem kerja kincir angin. Menurut suami Gusti Kanjeng Ratu Wandansari itu, pihak Korea menyatakan persetujuan dan siap membantu.

Bahkan, mereka siap memberikan dukungan para ahlinya untuk pembuatan teknologi penghasil energi listrik dari sistem kincir angin bagi situs budaya peninggalan dinasti Mataram Islam yang berada di kota Solo ini. Alumnus doktor ilmu hukum Undip Semarang tersebut memaparkan, semua bahan yang diperlukan untuk penerapan teknologi energi listrik dengan kincir angin itu, gampang ditemukan di sejumlah daerah Indonesia dan tidak perlu impor.

Tempat berdirinya kincir angin beserta seluruh sistem yang nanti menghasilkan energi listrik itu juga tidak memerlukan lahan luas. Nantinya motor mesin penggerak kincir angin sendiri cukup menggunakan solar, batu bara, atau energi panas sinar matahari. (OL-5)

 

Sumber : mediaindonesia.com

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook