Alpen Steel | Renewable Energy

~ Energi Baru Terbarukan

GE dan BPPT Kembangkan Pembangkit Listrik Tenaga Angin

 

Jakarta - General Electric Energy dan BPPT kerjasama pengembangan teknologi proyek pembangkit listrik tenaga angin di wilayah Indonesia Timur. Ini salah satu langkah pengembangan teknologi energi baru terbarukan.

"Kami sudah ukur jumlah angin 4-5 tempat di Indonesia timur selama dua tahun ini. Kita harus ukur dengan cara yang benar sehingga saat nanti pembangkitnya jadi, lalu monumen yang tidak berputar," jelas Direktur Strategic GE Energy Indonesia, Gatot Prawiro dalam konferensi pers penandatanganan MoU antara GE dengan BPPT di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Selasa (29/9/2010).

Gatot menjelaskan nota kesepahaman yang sudah ditandatangani antara GE dan BPPT ini berlaku selama tiga tahun. Melalui MoU ini, GE akan membantu BPPT dalam pengembangan teknologi energi baru terbarukan.

Pada tahap awal, GE akan membantu pengembangan energi angin yang dikembangkan Indonesia melalui proyek WHyPGen (Wind Hybrid Power Generation) yang kemudian dilanjutkan dengan serangkaian kegiatan energi terbarukan lainnya. Proyek ini didukung oleh United nations Developement Programme (UNDP).

GE sendiri sudah melakukan studi pengukuran angin di Indonesia, mengumpulkan data terkait potensi tenaga angin di sejumlah wilayah di Indonesia untuk memastikan terwujudnya pengembangan proyek pembangkit listrik tenaga angin berkapasitas lebih dari dari 80 megawatt (MW).

"Setelah angin, rencana berikutnya ke energi terbarukan lainnya seperti biomass, matahari, angin, panas bumi dan batubara bersih melalui coal gasification," jelasnya.

Sementara itu, Kepala BBPT Marzan Iskandar menyatakan seiring dengan pertumbumbuhan ekonomi tersebut, kebutuhan energi di Indonesia juga turut meningkatkan sekitar 7% setiap tahun.

Pemerintah pun sudah memerikan insentif pajak pada pengembangan proyek-proyek energi yang terbarukan ini guna membantu mengurangi ketergantungan negara dari bahan bakar yang berasal dari fosil.

"Seperti arahan dari Presiden RI dalam Rapat Kerja Nasional di Tampak Siring, Bali, beberapa waktu lalu, salah satu arahan pembangan Indonesia adalah menciptakan ketahanan energi. Maka BPPT dan GE sepakat melakukan kerjasama dalam pengembangan energi terbarukan, energi bersih dan efesiensi energi di Indonesia," katanya.

Menurut dia, kerjasama ini dilakukan dalam mendukung target pemerintah untuk meningkatkan kontribusi energi terbarukan menjadi 17% ada 2025 dibandingkan saat ini yang baru 3,4% dari keseluruhan penggunaan energi dalam negeri.

 

Sumber: Detik Finance

 

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook