Alpen Steel | Renewable Energy

~ Penghasil Energi Listrik Peringkat Ketiga Di Dunia

Cina Tempati Posisi Ketiga Negara Penghasil Listrik Dari Energi Angin Terbesar Dunia

Cina Tempati Posisi Ketiga Negara Penghasil Listrik Dari Energi Angin Terbesar Dunia

Tidak habisnya Cina membuat berita hangat tentang usahanya untuk mengurangi emisi karbon sekaligus menambah pasokan energi listrik bagi pesatnya perkembangan perekonomiannya, akhirnya Cina akan menduduki peringkat ketiga penghasil energi listrik dari angin pada tahun 2009 lalu.

Hingga akhir tahun 2009, kapasitas terpasang turbin angin Cina mencapai 20 GigaWatt, seperti yang dikutip Xinhua, kantor berita Cina beberapa waktu lalu. Cina melampaui Spanyol dan menempati tempat ketiga setelah Amerika Serikat dan Jerman. Berdasar data dari Global Wind Energy Council, Amerika Serikat sendiri mempunyai 25,2 GW kapasitas terpasang di tahun 2008, atau sebesar 20,8% dari total energi listrik dunia yang dihasilkan dari angin, dimana pada tahun yang sama, Cina hanya menghasilkan 12,2 GW. Sementara Spanyol hanya mencapai 16,8 GW pada akhir tahun 2009 lalu.

Cina serius dengan targetnya untuk menghasilkan 15% energi listrik dari energi terbarukan, terutama angin dan air, pada tahun 2020. Kritikan yang banyak ditujukan bagi negara tersebut karena mengandalkan 70% energi listrik dari batubara dan menjadikannya sebagai salah satu negara penghasil karbon terbesar di dunia, memaksa negara tersebut berkomitmen untuk mengurangi emisinya. Beberapa waktu lalu telah dibuat sebuah undang-undang yang mendukung industri energi terbarukan dengan mewajibkan semua perusahaan jaringan listrik untuk membeli listrik yang dihasilkan dari energi terbarukan.

Cina yang dikenal dengan ikon penghasil emisi karbon, lambat laun mulai merubah ikon tersebut menjadi lebih hijau.

Sumber : Planet Hijau

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook