Alpen Steel | Renewable Energy

~ Turbin Angin Dengan Sistem Mekanik Terbungkus Dalam Cashing

Turbin Angin Tanpa Bilah Sudu

Turbin Angin Tanpa Bilah Sudu

Barangkali Anda belum pernah mendengar turbin angin tanpa bilah sudu. Tetapi turbin angin tersebut memang ada, dan bahkan teknologinya telah dipatenkan.

Turbin angin tanpa bilah sudu tersebut dibuat berdasarkan paten yang pernah dibuat oleh Nikola Tesla di tahun 1913. Fuller Wind Turbine, turbin angin tanpa bilah sudu yang dikembangkan oleh Solar Aero hanya mempunyai satu bagian yang berputar, yaitu poros turbinnya.

Seluruh sistem mekanik terbungkus dalam casing, yang memberikan keuntungan dibanding turbin angin konvensional, diantaranya adalah tidak membahayakan burung dan binatang terbang lainnya, serta tidak ada bagian bergerak yang terlihat dari luar. Kondisi ini menguntungkan jika digunakan di dekat instalasi radar atau pos pengamatan militer.

Menurut Solar Aero, turbin tersebut tidak membutuhkan perawatan khusus, artinya biaya perawatan bisa ditekan. Bahkan turbin tersebut bisa disangga dengan menggunakan bearing magnetik. Keseluruhan sistem yang berukuran kecil juga bisa dijangkau dengan mudah, karena tidak diperlukan menara untuk menopang turbin yang dengan ukuran tersebut bisa menghasilkan listrik 10kW.

Sesuai dengan prinsip turbin Tesla, perputaran rotor terjadi akibat adanya udara yang memasuki celah antara piringan-piringan didalam casing dan kemudian bergeraj menuju saluran keluaran di dekat poros. Viskositas udara inilah yang menarik piringan bergerak berputar. Hanya saja pada masa Tesla, material yang sesuai untuk membuat piringan belum ditemukan, sehingga efektifitas sistem menurun. Tetapi kini dengan telah berkembangnya teknologi material, maka hal tersebut bukanlah menjadi halangan.

Sumber : Planet Hijau
  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook