Alpen Steel | Renewable Energy

~ Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat Buat Listrik Tenaga Angin

Sambas

Listrik Angin Rp 1 Miliar di Temajok

 

SAMBAS, TRIBUN - Desa Temajok di Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, merupakan wilayah terujung kabupaten itu dan berbatasan langsung dengan Malaysia. Kondisi desa ini tergolong tertinggal karena tak memiliki akses jalan serta pelayanan listrik.

Tapi, tak lama lagi bakal ada terobosan baru menjawab masalah listrik ini. Kadis Binamarga, Energi, dan Sumber Daya Mineral Kabupaten Sambas, Ferry Madaskar, Selasa (11/5/10) mengemukakan, pembangkit listrik tenaga angin akan dibangun di desa itu.

Program penyediaan listrik desa yang dijadikan project pilot ini bakal menelan dana dari pemerintah pusat sebesar Rp 1 miliar. Diharapkan program tersebut dapat menjadi percontohan bagi penyediaan listrik di desa lainnya.

"Pembangkit tenaga angin di Temajok menggunakan turbin Spanyol. Proyeksinya untuk menghasilkan sekitar 20 KW daya listrik yang bagi desa itu, dan dapat difungsikan dalam rentang waktu yang panjang. Kalau bisa puluhan tahun," ungkap Ferry.

Namun begitu, ia berharap Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak sebagai mitra dapat mendirikan pembangkit tenaga angin dengan kapasitas lebih besar dari yang diproyeksikan.

"Tenaga angin yang digunakan, diharapkan dapat digabung dengan potensi aliran air yang ada di Temajok. Sehingga memiliki kontinuitas penyediaan listrik," kata dia.

Laporan: Dng
Editor: End

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook