Alpen Steel | Renewable Energy

Angin dapaqt menghasilkan Bisa jadi Sumber Energi

 

 Angin Bisa jadi Sumber Energi

 

Di daerah yang memiliki potensi angin yang cukup besar, angin ternyata bisa menjadi pilihan sebagai sumber energi dan masyarakat hendaknya menyadari besarnya potensi angin ini sebagai penambah pemenuhan kebutuhan listrik di daerah.

Kepala Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan), Budi Hastowo, mengatakan sudah dapat dipastikan di daerah yang berpotensi dapat diperoleh tenaga listrik sebesar 100-200 kilowatt dari tenaga angin. "Dari segi teknologinya beberapa lembaga sudah melakukan pengembangan, pembuatan turbin kincir angin yang dapat menghasilkan sampai sekitar 100-200 kilowatt dan direncanakan akan sampai 500 kilowatt kira-kira. Untuk lebih besar lagi, sulit karena kecepatan angin di Indonesia tidak terlalu besar," ujarnya di Jakarta, Selasa (4/

Budi juga menyebutkan bahwa secara khusus Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) sedang mengerjakan proyek pembangkit listrik tenaga angin. "Namun belum terlalu terpublikasi," katanya.

Menurut Budi, memang tidak terlalu besar daya yang dihasilkan dari tenaga angin karena besar-kecilnya daya yang dihasilkan tergantung dari besar-kecilnya potensi angin di daerah tersebut. Oleh karena itu, tambah Budi, sumber listrik tenaga angin tidak dapat berdiri sendiri dan harus dilengkapi dengan sumber tenaga listrik yang lebih mapan sebagai sumber yang utama.

sumber : kompas.com

 
< Prev   Next>
[ Back ]
plagiarising cartoons, plagiarising cartoon, plagiarising picture, plagiarising pictures, plagiarising image, plagiarising images, plagiarising illustration, plagiarising illustrations Jelas-jelas telah salah arah...! Bagaimana cara mengubah mind-set ini?
  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook