Alpen Steel | Renewable Energy

~ Pembangkit Listrik Tenaga Angin Berpeluang Garap Di Sidrap

 

 

 Sidrap Berpeluang Garap Pembangkit Listrik Tenaga Angin

 

Kabupaten Sidrap yang memiliki dataran luas sangat cocok menggarap pembangkit listrik tenaga angin. Topografi daerahnya menunjang. Sehingga peluang Sidrap untuk membangun pembangkit listrik cukup besar.

Wakil Bupati Sidrap, Musyafir Kelana, kepada Fajar belum lama ini mengatakan bahwa tim survei dari Kementerian Energi Sumberda Daya Alam dan Mineral telah melakukan studi kelayakan di Sidrap. Hasilnya, Sidrap dianggap sangat cocok untuk pembangkit listrik tenaga angin. Alasannya, karena memiliki kecepatan dan stabilitas angin yang ideal. 

Selain Sidrap, ada dua daerah lainnya yang berpotensi dibangun pembangkit listrik tenaga angin. Yakni Selayar dan Jogjakarta.

Musyafir menjelaskan, pemerintah Sidrap menyambut baik rencana tersebut. Tim kementerian menjanjikan akan segera turun lagi pada Agustus 2005 ini.

Langkah pertama, lanjut Musyafir, membangun sebuah menara angin di kawasan Mattirotasi (perbatasan Sidrap--Parepare). Menara itu akan menganalasis potensi angin selama setahun.

Musyafir menambahkan, sekiranya megaproyek itu terwujud, maka dipastikan Sidrap menjadi sumber energi listrik baru di Sulsel. "Kebutuhan listrik sekarang ini cukup besar sehingga, perlu dihadirkan alternatif lain.

Tapi, kami belum melakukan sharing atau hitungan-hitungan. Proyek ini masih dalam tahap analisis finansial," urainya.

Menurut rencana, selama melakukan studi kelayakan, Masyarakat Ekonomi Eropa (MEE) akan mendanai seluruh kegiatan. Setelah pembangunan infrastruktur, barulah pemerintah pusat mengucurkan dana APBN.

Kepala Bapeda Sidrap, Walahuddin, menambahkan bahwa lokasi yang disurvei di kawasan Mattirotasi membujur ke utara mengambil sebagian tanah rakyat dan kebun. Sidrap kata dia, dianggap cocok karena, letaknya yang strategis di Ajatappareng. Kondisi angin relatif stabil dengan kecepatan yang cukup tinggi.

 

  Ditulis Oleh Administrator   
  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook