Alpen Steel | Renewable Energy

~ Pembangkit Listrik Tenaga Angin Di Korea

Kekuatan Angin, Pembangkit Listrik Tenaga Angin

Apa dampaknya jika angin dapat dikumpulkan?

Pada musim gugur di Korea, angin bertiup sepoi-sepoi, bagaikan suatu fenomena alam yang menyegarkan baik jasmani maupun rohani masyarakat Korea. Menurut perkiraan ilmuwan, seandainya, angin itu dapat dikumpulkan secara keseluruhan, maka akan dapat membangkitkan listrik sebesar 1.700 sampai 3.500 TW atau TeraWatt (1 TeraWatt adalah 1 trilyun Watt). Sementara itu, umat manusia di atas bumi ini, sekarang hanya mengkonsumsi listrik sebesar 14 TW. Dengan kata lain, kalau kita mampu  memanfaatkan hanya 1 per 2 juta 500 dari jumlah kekuatan angin, maka umat manusia segera dapat mengatasi masalah kekurangan energi saat ini secara tuntas. Bagaimana proses pembangkit listrik tenaga angin?

Kekuatan angin menghasilkan energi

Proses memperoleh energi, misalnya listrik dari angin, sangat sederhana, hanya menambahkan daya rotasi pada kekuatan angin dengan menggunakan baling-baling. Angin dapat memutar baling-baling generator pembangkit listrik bertenaga angin, sehingga menimbulkan daya rotasi yang dapat memproduksi tenaga listrik 600 volt. Tenaga listrik itu disalurkan lewat kabel, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai sumber listrik. Dengan kata lain, bahan baku utama untuk membangkitkan listrik tenaga angin, adalah angin yang dapat mengurangi jumlah pengeluaran karbon dioksida sebanyak 60 ribu ton per tahun. Ditambah lagi, menara pembangkit listrik bertenaga angin dapat mengumpulkan wisatawan dengan panorama yang cocok dengan lingkungan alam. Kincir yang berasal dari Persia, disebarluaskan ke wilayah Eropa pada abad ke-11 untuk dimanfaatkan untuk kepentingan irigasi. Akan tetapi, pada abad ke-19 bermunculan mesin bertenaga uap sehinga membuat semakin lama kincir angin semakin lenyap.



Persaingan pembangkit listrik tenaga angin internasional

dengan merebaknya demam industri hijau, negara-negara maju termasuk di wilayah Eropa, Amerika Serikat dan RRC giat berusaha untuk mengembangkan pembangkit listrik tenaga angin. Uni Eropa, EU sedang mencanangkan SUPER-GRID, yakni sabuk pembangkit listrik tenaga angin di antara negara-negara Eropa. Sementara itu, Amerika Serikat dan RRC berhasil membangkitkan listrik tenaga angin, 30.95 persen dari jumlah produksi listrik tenaga angin internasional. Jumlah cadangan pembangkit listrik tenaga angin internasional pada akhir tahun 2008, tercatat 120,8 GigaWatt (GW), termasuk penambahan baru 27 GW dalam tahun 2008. Bagaimana situasi Korea Selatan terkait pembangkit listrik tenaga angin?

Teknologi galangan kapal menimbulkan angin

Bagaikan penyerbuan Don Quixote di La Mancah terhadap kincir, industri galangan kapal Korea Selatan selama ini giat berusaha untuk mengembangkan teknologi pembangkit listrik bertenaga angin. Adakah kaitannya antara galangan kapal dengan pembangkit listrik bertenaga angin? Generator berkaitan erat dengan pembangkit listrik tenaga angin. Daya listrik yang dihasilkan pembangkit listrik tenaga angin, dihitung sesuai dengan kekuatan angin dan skala kincir. Dengan kata lain, semakin besar skala kincir semakin besar daya listrik yang dibangkitkan. Industri galangan kapal Korea saat ini, dapat membangun kapal laut raksasa, dengan skala geladak, 3 kali lipat lebih besar dari pada lapangan sepak bola dan panjang, 364 meter lebih. Dengan infrastruktur yang cukup bagus, industri galangan kapal Korea mempunyai teknologi canggih bagi pembuatan bagian baling-baling atau kincir yang dapat mengubah angin menjadi listrik. Karena teknologi pembuatan baling-baling atau kincir hampir sama dengan proses pembuatan baling-baling kapal laut.

Energi baru bagi generasi penerus, pembangkit listrik tenaga angin
Energi baru bagi generasi penerus, pembangkit listrik tenaga angin

Keberhasilan Korea Selatan untuk membangun pembangkit listrik tenaga nuklir dengan daya 236 MegaWatt sekarang, relatif masih kecil dibandingkan dengan Eropa yang memiliki daya sebesar 65.946 MegaWatt. Sementara itu, Amerika Serikat dan RRC mati-matian mengejar Eropa untuk meningkatkan jumlah listrik tenaga angin mereka. Meskipun terlambat, industri galangan kapal Korea Selatan sedang mencurahkan usahanya untuk mengaktifkan pembangkit listrik tenaga angin, sebagai sumber energi yang bersih, tanpa mengeluarkan karbon dioksida.

 
Home > Warta Berita > Info IPTEK Terkin
  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook