Alpen Steel | Renewable Energy

~ Desain Turbin Angin Dikembangkan

Turbin Angin Efisiensi Tinggi

Sebuah perusahaan lokal di Wyoming, AS mengembangkan desain turbin angin yang tidak mengeluarkan suara berisik. Bahkan mereka mengklaim telah menghasilkan desain turbin vertikal yang lebih efisien daripada model propeler yang banyak dipakai sekarang.

Terra Moya Aqua (TMA) Inc. menunjukkan model turbin tersebut Jumat (4/11). Mereka mengatakan desain yang mereka kembangkan menarik minat para pembeli dari dalam maupun luar negeri. "Kami punya calon pembeli turbin ini yang berasal dari pasar nasional maupun internasional sekarang," kata Ron Taylor, pendiri dan chief eksekutif officer (CEO) TMA.

Menurut perusahaan tersebut, turbin yang dikendalikan propeler rata-rata dapat mengubah 25 hingga 40 persen energi angin menjadi energi yang dapat disimpan dan disalurkan, misalnya listrik. Tapi, desain yang dikembangkan TMA dapat menghasilkan efisiensi 43 hingga 45 persen sehingga menghasilkan energi 80 persen lebih besar dari sumber yang sama.

Energi lebih besar dihasilkan meskipun siripnya bergerak lebih lambat daripada model tradisional berupa propeler. Artinya, turbin yang diputar menghasilkan suara yang lebih kecil dan tidak begitu berbahaya bagi burung. Dengan panjang tidak lebih dari 30 meter, turbin lebih mudah digunakan langsung di industri dibandingkan model propeler yang lebih panjang. Biaya pembuatannya juga lebih murah dibandingkan turbin model propeler atau turbin vertikal yang dikembangkan sebelumnya.

"Kami mampu meningkatkan kecepatan angin di dalam turbin," kata president TMA Duane Rasmussen. Menurutnya, kuncinya adalah menambahkan lembaran vertikal mirip sayap pesawat yang mengelilingi lekuk turbin dan sirip tegaknya. Interaksi antara lembaran tersebut dan sirip akan menghasilkan daya dorong yang akan meningkatkan kecepatan angin.

Mantan Gubernur Wyoming Jim Geringer yang bergabung dalam direksi TMA menyatakan, kemampuan ini akan meningkatkan keyakinan banyak pihak tentang potensi sumber energi angin. Salah satu sumber energi terbarukan ini tersedia melimpah di alam tetapi belum dapat dimanfaatkan secara optimal sekarang karena keterbatasan teknologi dan biaya.


Cheyenne, Sabtu
  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook