Alpen Steel | Renewable Energy

~ Turbin Angin Timbulkan Masalah Kesehatan

 

Turbin Angin Timbulkan Masalah Kesehatan

google_protectAndRun("ads_core.google_render_ad", google_handleError, google_render_ad);
Meski ramah lingkungan, dalam artian tidak melepaskan gas rumah kaca, turbin angin masih mempunyai efek samping bagi lingkungan. Seperti yang dikutip dari The Yomiuri Shimbun, sebuah surat kabar di Jepang, turbin angin yang didirikan di suatu wilayah dekat pemukiman mempengaruhi kesehatan warga di sekitarnya.

Seorang warga negara Jepang, Shinjuro Kondo, yang berusia 76 tahun mengeluhkan kondisi kesehatan tubuhnya yang memburuk setelah sebuah ladang turbin angin dioperasikan. Bahu yang kaku, sakit kepala, insomnia, tangan gemetar adalah beberapa gejala yang dialaminya.

Meski berjarak 350 meter dari lokasi ladang, lebih dari 20% warga yang juga tetangga Kondo mengeluhkan hal yang sama. Keluhan-keluhan yang sama juga muncul dari wilayah lain di Jepang. Gejala-gejala yang mereka alami akan berkurang ketika ladang turbin angin tersebut tidak berfungsi karena sedang mengalami kerusakan dan lain sebagainya.

Penyebabnya memang belum diketahui secara pasti, tetapi diduga diakibatkan oleh gelombang infrasonik yang diakibatkan oleh rotor. Osilasi gelombang tersebut berkisar 20 kali per detik, cukup rendah untuk bisa didengar oleh manusia.

Beberapa operator ladang turbin angin tersebut juga memberi perhatian dengan merencanakan untuk melakukan pengukuran terhadap suara infrasonik yang ditimbulkan. Hanya saja menurut salah satu dari mereka, jika pengukuran dilakukan, tidak akan ditemukan perbedaannya dengan suara yang dihasilkan alam.

Sedangkan untuk menarik garis hubungan yang mungkin terjadi antara gelombang suara infrasonik dan efeknya terhadap tubuh manusia, masih mengalami kesulitan antara lain :
  • Sensitivitas terhadap suara infrasonik yang berbeda pada tiap-tiap orang.
  • Efek yang dialami juga berubah-ubah sesuai faktor psikologi. sebagai contoh, suara menyenangkan labih nyaman dibandingkan suara yang tidak menyenangkan, meski pada level kebisingan atau volume yang sama.
  • Hubungan antara kelainan fisik dan bunyi masih belum pasti.


Perlukah turbin angin dibangun di area yang jauh dari penduduk atau perlukah dilakukan relokasi warga yang tinggal di sekitar ladang turbn angin? Jika demikian halnya, maka perlu dilakukan sebuah penelitian lebih mendalam terhadap masalah tersebut.

Planethijau.

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook