Alpen Steel | Renewable Energy

~ Wind Turbin Without Generator In Rotor

Turbin angin multi rotor tanpa gear bisa menghasilkan energi listrik 2.000 kWh per tahun.

Kendati beberapa waktu lalu sebuah yang dilakukan di beberapa wilayah Amerika Serikat melaporkan bahwa kecepatan angin mulai terlihat menurun sebagai dampak pemanasan global, pemanfaatan energi angin masih terus dikembangkan banyak perusahaan.

Salah satunya adalah EarthTronics dan Honeywell yang mencoba menawarkan produk turbin angin yang terbilang kecil, hanya seberat 46 kilogram dengan diameter rotor 1,8 meter, label yang dibawa turbin angin tersebut, berbeda dengan desain turbin angin umumnya yang menggunakan tiga bilah rotor dan memang dimaksudkan untuk penggunaan di rumah tinggal. Desainnya dibuat seperti kincir angin tempo dulu yang banyak menggunakan bilah sudu.

HoneywellMenurut Earthtronic didesain demikian untuk mudah menangkap angin meski dengan kecepatan angin hanya sekitar 3,2 kilometer per jam. Untuk mencapai hal tersebut juga dilengkapi dengan Blade Tip Power System tanpa gear. Sebuah sistem pembangkit daya yang dibangkitkan oleh bagian ujung bilah rotor. Dengan sistem tersebut besarnya gaya gesek mekanik bisa dikurangi.

Untuk menghasilkan daya, biasanya sebuah generator dipasang di bagian belakang rotor. Tidak demikian halnya dengan  tidak ada generator yang terpasang di belakang rotor, tetapi di ujung rotor dipasang magnet permanen dan kumparan di rangka bagian luarnya. Dengan desain seperti ini menurut Earthtronics efisiensi meningkat. Jika turbin konvensional mulai berputar pada kecepatan 12 kilometer per jam dan berhenti berputar pada 46,7 kilometer per jam, maka Windgate mempunyai rentang cut-on dan cut-off yang lebih lebar, mulai berputar pada kecepatan angin 3,2 kilometer perjam dan berhenti berputar pada 72,4 kilometer per jam.

dipasarkan dengan sistem lengkap, mulai dari inverter daya, kotak kendali terkomputerisasi dan saklar interkonek untuk mengalirkan daya yang dibangkitkan ke dalam rumah. Energi listrik yang dibangkitkannya sekitar 2.000 kWh per tahunnya. Rencananya pemasaran awal akan dilakukan di ACE Hardware Amerika Serikat dengan harga sekitar 4.500 US dolar.

Jika pemasarannya hingga ACE Hardware Indonesia, ada yang mau beli produk seharga Rp. 50 jutaan tersebut? Sebaiknya kelayakan potensi energi angin di sekitar rumah Anda perlu dikaji terlebih dulu, sebelum Anda memutuskan membeli produk tersebut.

Planethijau.com.
  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook