Alpen Steel | Renewable Energy

~ Turbin Angin Vertikal Untuk Suplai Energi Listrik

Siemens akan bangun 325 MW PLT Angin di Amerika Serikat

Menara Telekomunikasi Gunakan Turbin Angin Vertikal Untuk Suplai Energi Listrik

 

Turbin angin produksi Helix Wind direncanakan menjadi sumber energi listrik

bagi menara-menara telekomunikasi milik Core Communication, di Selatan California.


Credit : Helix Wind
Turbin angin vertikal S322 produksi Helix Wind akan dipasang di atas menara telekomunikasi milik Core Communication di Selatan California.

Penempatan menara telekomunikasi yang jauh dari jaringan listrik memang menjadi kendala, padahal lokasi yang akan digunakan merupakan lokasi terbaik sebagai salah satu strategi perluasan jangkauan telekomunikasi.

Berkaitan dengan hal tersebut, Helix Wind kini mencoba mengaplikasikan teknologi turbin angin vertikalnya untuk dipasang di menara-menara telekomunikasi yang jauh dari jaringan listrik. turbin angin yang dikembangkan Helix Wind termasuk dalam skala kecil.

Helix Wind yang bekerja sama dengan Core Communication rencananya akan melakukan pengujian terlebih dahulu untuk mengetahui apakah turbin angin produksinya yang bisa berputar dengan kecepatan angin minimum 4 meter perdetik, bisa menyuplai daya yang dibutuhkan menara telekomunikasi sekaligus menghasilkan surplus energi listrik yang bisa dijual kembali ke jaringan transmisi yang ada. Hal ini tentunya berlaku bagi menara telekomunikasi yang berada dekat dengan jaringan transmisi. Jika pengujian tersebut ternyata bisa menghasilkan surplus energi listrik, maka hal itu berarti adanya penambahan income bagi operator telekomunikasi.

Rencananya Helix Wind akan memasang turbin anginnya pada awal tahun 2010, dan selama tiga bulan pertama akan beroperasi penuh. Pada akhir masa tiga bulan uji coba tersebut, Helix Wind akan mengevaluasi hasilnya.

Jika turbin angin Helix Wind bisa menghasilkan energi listrik bagi menara-menara telekomunikasi, maka kendala tersedianya jaringan listrik untuk menyuplai energi bagi peralatan yang ada di dalamnya kini menjadi terpecahkan, dan sebagai efek positifnya jangkauan telekomunikasi lebih luas seiring dengan bertambahnya pengguna telekomunikasi itu sendiri.

[GreenTech]

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook