Alpen Steel | Renewable Energy

~ Riau Antisipasi Krisis Listrik

Riau Jajaki Listrik Tenaga Angin
Krisis listrik di Riau memaksa Pemerintah Provinsi Riau membuat berbagai terobosan. Selain sedang mengupayakan pembangunan PLTU berkapasitas 2 x 100 MW di Tenayanraya, Kota Pekanbaru, Pemprov Riau melalui Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben), sedang menjajaki kerja sama dengan PT Solarin (Malaysia) dan salah satu perusahaan dari Abu Dhabi, untuk membangun pembangkit listrik tenaga angin.


Pembangkit listrik tenaga angin ini, akan diperuntukkan buat memenuhi listrik masyarakat yang tinggal di daerah pesisir seperti masyarakat Pulau Rupat, Kota Dumai, Kabupaten Bengkalis, Meranti dan Indragiri Hilir.

Menurut Sekretaris Tim Kekurangan Pasokan Listrik Riau yang juga Kepala Bidang Ketenagalistrikan dan Energi Ditamben Riau Ir Abdi H, pembangunan pembangkit listrik tenaga angin ini sudah memasuki tahap negosiasi dengan PT Solarin dan perusahaan dari Abu Dhabi. ‘’Daerah pesisir sangat cocok dibangun pembangkit listrik tenaga angin. Jika ini terealisasi, sangat membantu dalam memenuhi keperluan listrik masyarakat,’’ sebut Abdi saat dihubungi Riau Pos kemarin.

Menurut Abdi, selain mengupayakan pembangunan listrik tenaga angin, untuk memenuhi keperluan listrik, terutama di Kabupaten Meranti, pemerintah juga sedang mengupayakan pembangkit dengan memanfaatkan potensi daerah di Meranti yakni flare gas (gas buang dari proses pengeboran minyak) dan gas alam.

‘’Pembangkit listrik dari flare gas yang akan dikembangkan di Meranti ini, sudah ada investor yakni PT Teknologi Energi Terpadu serta BUMD guna menghasilkan listrik berkapasitas 12 MW. Sementara gas alam mampu menghasilkan listrik sekitar 60 MW,’

sebut Abdi.(ade)

PEKANBARU (RP) 
  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook