Alpen Steel | Renewable Energy

~ Sumber Daya Tenaga Angin, Tenaga Air Dan Surya

Sumber Daya Tenaga Angin, Tenaga Air dan Tenaga Matahari

Di Tiongkok yang luas wilayahnya terdapat banyak sungai yang airnya banyak dan selisih tinggi permukaan airnya besar sehingga mengandung sumber daya tenaga air yang sangat melimpah. Menurut statistik, deposit sumber daya tenaga air sungai di Tiongkok tercatat 680 juta kilowatt dengan volume pembangkitan listrik 5,92 triliun kilowatt / jam pertahun; kapasitas terpasang sumber daya tenaga air yang mungkin dikembangkan 378 juta kilowatt dengan voleme pembangkitan listrik 1,92 trilin kilowatt/ jam pertahun. Tiongkok menempati urutan pertama di dunia baik dalam deposit sumber daya tenaga air maupun sumber daya tenaga air yang dapat dikembangkan.

Total deposit tenaga angin pada ketinggian 10 meter di Tiongkok tercatat 3,226 miliar kilowatt, deposit tenaga angin yang dapat dikembangkan di darat diperkirakan 253 juta kilowatt, sumber daya tenaga angin di lepas pantai ( kedalaman air di atas 15 meter ) merupakan tiga kali lipat yang ada di darat, yakni 750 juta kilowatt. Daerah yang memiliki tenaga angin melimpah terutama berada di padang rumput dan daerah gobi di Tiongkok barat laut, Tiongkok utara dan Tiongkok timur, serta daerah pantai dan pulau-pulau di Tiongkok timur dan Tiongkok tenggara.

Di daerah-daerah yang kaya tenaga angin itu umumnya tidak memiliki produksi energi, angin bertiup kencang pada musim dingin dan musim semi, dan curah hujan sedikit; sedang pada musim panas, angin bertiup tidak begitu kencang, dan curah hujan banyak. Karena dapat seling melengkapi dengan pembangkitan listrik tenaga air, maka daerah-daerah itu cocok mengembangkan listrik tenaga angin. Pada akhir tahun 1998, di Tiongkok terdapat hampir 20 lapangan pembangkit listrik tenaga angin dengan kapasitas total terpasang 223.600 kilowatt.

Lapangan pembangkit listrik tenaga angin yang terbesar di Tiongkok, juga terbesar di Asia adalah lapangan pembangkit listrik tenaga angin Dabancheng, Daerah Otonom Uigur Xinjiang dengan memiliki 111 unit generator tenaga angin berkapasitas 300, 500 dan 600 kilowatt, dengan total kapasitas terpasang 57.500 kilowatt. Kapasitas tenaga listrik angin Tiongkok sekarang ini hanya 1,4 perseribu volume yang dapat dikembangkan, maka pembangkitan listrik tenaga angin di Tiongkok memiliki prospek yang sangat menjanjikan.

Tiongkok memiliki sumber daya tenaga solar yang melimpah. Tenaga radiasi tenaga solar yang diterima darat setiap tahun sama dengan 2,4 triliun ton batu bara standar. Volume radiasi tenaga solar di 2/3 wilayah Tiongkok setiap tahun di atas 6.000 mega joule per meter persegi, dan di bagian barat laut Tibet bisa mencapai 8.400 mega joule per meter persegi, merupakan salah satu daerah yang paling kaya sumber daya energi solarnya di dunia. Pembangit listrik tenaga solar berkapasitas besar yang pertama di Tiongkok dibangun di sebuah desa Daerah Otonom Mongolia Dalam dengan kapasitas 560 watt, beroperasi pada 11 Oktober tahun 1982.

 

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook