Alpen Steel | Renewable Energy

PLN Bangun Rumah Contoh Ramah Lingkungan

PT PLN Distribusi Bali membangun proyek percontohan rumah ramah lingkungan di Pulau Nusa Penida, 90 mil laut tenggara Denpasar, yang secara administratif masuk wilayah Kabupaten Klungkung, Bali. "Rumah percontohan tersebut sekaligus dijadikan kantor PLN unit pelayanan Nusa Penida," kata Humas PT PLN Distribusi Bali, I Wayan Redika di Denpasar, Minggu (9/12).

Ia mengatakan, rumah dan kantor tersebut dirancang sedemikian rupa menggunakan penerangan listrik yang bersumber dari energi surya berkapasitas dua kali 1.000 watt.

Rumah dan kantor yang dirancang menyatu dengan lingkungan sekitarnya tidak menggunakan alat pendingin, namun tidak kepanasan, karena sirkulasi udara telah dibuat sedemikian rupa.

Redika menambahkan, selain rumah dan kantor ramah lingkungan, PT PLN Distribusi Bali juga berhasil merampungkan pengerjaan delapan unit pembangkit tenaga listrik (PTL) bahan bakar non BBM. Semua itu diharapkan menjadi sasaran kunjungan para delegasi Konferensi PBB tentang Perubahan Iklim (UNFCCC) yang melibatkan 10.000 peserta dari 189 negara.

Delapan pusat pembangkit listrik skala kecil terdiri atas tujuh pusat pembangkit listrik tenaga bayu/angin (PLTB) dan satu unit pembangkit listrik tenaga surya (PLTS). Tiga unit PLTB/A masing-masing berkapasitas 85 KW dibiayai dari dana PT PLN, empat unit masing-masing berkapasitas 80 KW mendapat dukungan dana APBN dan satu unit PLTS berkapasitas 35 KW dibiayai dana pemerintah pusat.

Kecamatan Nusa Penida yang masuk ke dalam wilayah Kabupaten Klungkung, Bali, terdiri atas tiga pulau kecil yakni Nusa Penida, Lembongan dan Ceningan, dengan total luas 202,84 kilometer persegi.

Di wilayah yang berpenduduk 48 ribu jiwa lebih itu kini telah berhasil dibangun dua unit PLTB masing-masing berkapasitas 80 KW. "Dengan demikian di Kecamatan Nusa Penida itu beroperasi sepuluh PLTB dan satu unit PLTS," ungkap Redika.

(ANT/IMA)

 DENPASAR

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook