Alpen Steel | Renewable Energy

~Petani Kedungmiri Sedot Air Dengan Tenaga Surya

BANTUL (KRjogja.com) - Petani di wilayah Sriharjo tepatnya Wunut Kedungmiri Sriharjo Imogiri memanfaatkan energi tenaga surya untuk membantu proses produksi pertanian. Seperti yang dilakukan kelompok Tani Sedyo Mulyo Pedukuhan Wunut Kedungmiri menggunakannya sebagai sumber energi penggerak mesin penyedot air. 

Dukuh Wunut Kedungmiri Sriharjo Imogiri Sugiyanto, Senin (13/11) mengatakan, inovasi itu merupakan, program Kementerian Pertanian Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Lahan Pertanian RI. Terobosan itu sebagai upaya untuk meningkatkan produksi sektor pertanian. 

Program energi tenaga surya itu sampai sekarang fokus pengangkatan air dari Sungai Oya sebagai sumber irigasi. "Sekarang ini tenaga surya dimanfaatkan untuk mengangkat air," ujar Sugiyanto. Sumber energi yang dibangun akhir September 2015 ini sudah diuji coba untuk mengairi lahan bawang merah seluas 400 meter.

Selama ini petani di Kedung Miri memanfaatkan pompa air sebagai sumber irigiasi. Namun Sugiyanto, optimis kedepan sektor pertanian di wilayahnya bakal berkembang pesat dengan dukung sumber air Sungai Oya. "Program ini menjadi awal bagi kami untuk meningkatkan produksi sektor pertanian, dikawasan ini," ujar Sugiyanto. Jika menilik pengalaman selama ini, biaya operasional mesin diesel jauh lebih mahal. Namun dengan adanya energi tenaga surya tersebut diyakini mampu menjadi menopang kebutuhan petani.

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook