Alpen Steel | Renewable Energy

~Resort Bertenaga Surya

Resort Bertenaga Surya

Sebuah tempat wisata legendaris di Afrika Selatan melakukan terobosan di bidang lingkungan. Terhitung bulan Maret 2015, mereka mengganti hampir 50% tenaga listrik yang dihasilkan oleh mesin generator dengan tenaga surya.

Tempat wisata tersebut berada di area Taman Nasional seluas 33.000 hektar yang berlokasi di dekat perbatasan Mozambik. Taman Nasional Kruger telah ada sejak tahun 1898 dan menjadi rumah bagi berbagai macam flora dan fauna endemik. Singita Resort yang baru-baru ini memanfaatkan tenaga sinar matahari untuk kebutuhan listriknya berada dalam wilayah taman nasional tersebut.

Singita Resort terbagi menjadi dua tempat yang berbeda, yakni Singita Sweni dan Lebombo. Resort ini menyediakan pondok untuk turis menginap sekaligus wisata alam liar yang mengagumkan. Mulai dari trekking hingga tidur berbaring sambil menatap bintang-bintang di langit Afrika. Keberhasilan mereka mengganti tenaga mesin diesel dengan tenaga sinar matahari semakin menggenapkan konsep ekoturisme di Singita Resort.

Pada dasarnya Singita Resort didirikan untuk melindungi daerah setempat. Wilayah yang masih asli keberadaanya dijaga dan dihormati. Agar tak tergerus modernisme, wilayah ini disulap menjadi tempat wisata untuk membantu perekonomian warga lokal tanpa menghilangkan nilai-nilai kearifan lokalnya.

Singita Resort membangun area khusus yang dinamakan Taman Surya. Taman khusus inilah yang akan menghasilkan listrik. Taman Surya tersebut adalah hasil rancangan New Southern Energy. Berkat taman surya ini, mereka berhasil mengurangi konsumsi solar sebanyak 80.000 galon. Mereka menempatkan Taman Surya di sekitar pepohonan yang dilindungi dan dilingkari pagar bermuatan listrik.

Penulis : NW/G15

Sumber: www.inhabitat.com

http://www.greeners.co/ide-inovasi/resort-bertenaga-surya/

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook