Alpen Steel | Renewable Energy

~ Ganti Lampu PJU Dengan Tenaga Matahari


Setiap tahun Pemerintah Provinsi DKI Jakarta aktif ikut dalam acara Earth Hour untuk mendukung gerakan hemat energi berupa pemadam lampu selama satu jam. Pemadam listrik itu bisa menghemat pemakain listrik hingga puluhan kilowatt. Dari tahun 2009 hingga 2012 listrik yang dihemat terus bertambah.

Langkah baik itu bisa dilanjutkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memakai energi alternatif lainnya untuk hemat energi. Seperti lampu penerangan jalan umum (PJU) dan lampu lalu lintas di Jakarta menggunakan tenaga alternatif seperti tenaga surya.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bisa meniru langkah yang dilakukan oleh PT Jasa Marga Tbk. Operator jalan tol itu memasang lampu PJU di sepanjang tol dalam kota Jakarta. Paling tidak ada 1.500 titik lampu PJU bertenaga sinar matahari dipasang oleh PT Jasa Marga Tbk.

Dengan memakai tenaga surya itu, paling tidak ada penghematan pemakaian tenaga listrik di Jakarta jika PJU di Jakarta.

Di Kota Yogyakarta yang secara APBD lebih kecil di Jakarta sudah mampu mencicil mengganti lampu PJU listrik dengan tenaga matahari. Seharusnya Jakarta lebih mampu sehingga gerakan hemat energi bisa berkelanjutan tidak hanya di saat acara Earth Hour.

Kalau perlu tidak hanya lampu PJU dan lampu lalu lintas di Jakarta yang diganti dengan lampu tenaga surya atau matahari. Tetapi papan reklame di Jakarta diwajibkan memakai lampu tenaga matahari.

Memang biaya pengadaan lampu dengan tenaga surya itu tidaklah murah. Tetapi secara jangka panjang biaya akan menjadi murah karena tidak ada biaya bulanan untuk membayar listrik. Hanya ada biaya perawatan berkala saja. Dan sekarang banyak lampu bertenaga surya yang mempunyai usia panjang.

Memakai tenaga surya, ketika ada pemadaman listrik, lampu PJU tetap bisa menyala. Dengan demikian kawasan yang terkena pemadaman listrik tetap terang karena lampu PJU tetap menyala. Hal itu bisa memberi nilai tambah kenyaman dan keamanan bagi masyarakat.

Semoga saja Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bisa segera mewujudkan gerakan dengan memakai tenaga alternatif.

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook