Alpen Steel | Renewable Energy

~ Komitmen Sharp Untuk Kembangkan Solar Panel Indonesia

Sharp Berkomitmen Kembangkan Panel Surya Di Indonesia

NUSA DUA, (PRLM).- Indonesia mendapat komitmen investasi di bidang pengembangan tenaga listrik sumber matahari (panel surya/solar panel) sebesar 1 miliar dolar AS (Rp 9 triliun) dari perusahaan elektronik asal Jepang, Sharp Co.

Pemerintah akan fokus mengembangkan energi baru dan terbarukan sebagai jalan keluar dari krisis energi di kawasan. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia, Jero Wacik mengatakan itu dalam konferensi pers di sela KTT ASEAN ke-19 dan East Asia Summit ke-6 di Bali Nusa Dua Convention Centre (BNDCC), Bali, Sabtu (19/11).

Saat ini pemerintah RI tengah menjajal komitmen Sharp agar dapat direalisasikan secepat mungkin. Beberapa persiapan yang dilakukan di antaranya menginventarisasi ketersediaan lahan untuk ditanami panel solar seluas minimal 100 hektare.

“CEO Sharp dari Jepang sudah bertemu agar realisasi investasi untuk energi surya dipercepat. Panel di lahan seluas 100 hektare dapat menghasilkan listrik 50 MW, teknologinya sudah ada di Jepang. Kita punya tanah dan pasarnya, mereka teknologi dan modalnya,” ujar Jero.

Selain itu, potensi energi terbarukan yang belum digarap maksimal oleh Indonesia yaitu energi geothermal/panas bumi. Padahal, kata dia, Indonesia memiliki potensi 40 persen energi panas bumi dunia. Salah satu faktor penghambat pengembangan energi panas bumi yaitu karena lahan panas bumi berada di hutan lindung yang tidak boleh dieksploitasi. Namun, Jero yakin bahwa akan ada 28 titik pengembangan energi panas bumi yang akan diizinkan untuk dieksploitasi oleh Menteri Kehutanan.

“Saya sudah bicara dengan Menteri Kehutanan dan sudah difinalkan, nanti Selasa (22/11) akan ditandatangani 28 titik geothermal di hutan lindung yang akan diberi izin oleh Kemenhut untuk dieksploitasi,” tuturnya. (pikiran-rakyat.com)


Artikel yang berhubungan:
Baca Juga:
Artikel sebelumnya:

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook