Alpen Steel | Renewable Energy

~Pemkot Kupang Bakal Putuskan Lampu Jalan Milik PLN


Headline
Untuk penghematan biaya, Pemerintah Kota Kupang dalam Tahun Anggaran 2012 bakal mengundang pihak PT.PLN untuk membicarakan soal lampu jalan di Kota Kupang.

 

Pertemuan itu kata dia, untuk membicarakan soal pemutusan lampu jalan yang selama ini dayanya dipasok oleh pihak PT.PLN. Hal itu kata dia, menyusul setelah pihaknya melakukan uji coba pemanfaatan lampu jalan dengan menggunakan tenaga surya pada sejumlah lokasi di Kota Kupang sejak awal TA.2011.

 Pemutusan tersebut kata dia dilakukan secara bertahap dan dikhususkan pada lokasi-lokasi yang telah terpasang dengan menggunakan lampu tenaga surya.

 “Selama Satu tahun dilakukan uji coba menggunakan  listrik tenaga surya, tidak mengalami gangguan sehingga dapat disimpulkan Kota Kupang layak menggunakan listrik tenaga surya. Januari nanti kami akan mengundang pihak PT.PLN untuk duduk bersama untuk membicarakan pemutusan lampu jalan yang telah menggunakan tenaga surya,” ujarnya.

 Penggunaan lampu jalan dengan menggunakan tenaga surya lanjutnya, terjadi penghematan yang sangat besar.

“Kalau seluruhnya tergantikan dengan lampu tenaga surya akan terjadi penghematan sekitar Rp6 miliar hingga Rp7 miliar per tahunnya,” terangnya.

 Lebih lanjut dia menjelaskan, pihaknya melakukan pemasangan 650 unit lampu jalan tenaga surya yang tersebar di seluruh wilayah Kota Kupang.

 “Sekarang terpasang 315 unit lampu jalan setiap kelurahan masing-masing mendapatkan lima unit. Sisanya sementara dilakukan pengerjaan,” ujarnya.

Pelaksanaan pekerjaan pemasangan lampu jalan tersebut, kata dia, tersebar di seluruh Kelurahan yang ada di Kota Kupang.

 Pemasangan lampu jalan tersebut, lanjutnya, diprioritaskan ada ruas jalan umum yanmg terletak di Kelurahan.

“Pemasangan lampu jalan yang baru diprioritaskan pada ruas jalan umum,” ujarnya.

Selain pemasangan lampu surya lanjutnya, dalam tahun anggaran 2011, pihaknya melakukan pemasangan lampu jalan dengan menggunakan lampu jalan hemat energi.

“Kami juga memasang lampu jalan pada sejumlah titik dengan menggunakan lampu hemat energy,” ujarnya.

Lampu jalan hemat energi tersebut kata dia, dipasang pada sejumlah ruas jalan protocol yang ada di Kota Kupang. Di samping itu juga dilakukan pemasangan pada sejumlah ruas jalan lingkungan yang ada di Kota Kupang.

“Dalam TA.2011 kami melakukan pemasangan lampu jalan dengan menggunakan lampu hemat energy sebanyak 2.890 yang telah terpasang 1.600,” terangnya.

Selain pemasangan lampu jalan yang baru tambahnya dalam tahun ini pihaknya melakukan pemeliharaan terhadap lampu jalan yang megalami kerusakan pada sejumlah titik di Kota Kupang.

“Khusus untuk pemeliharaan dari 2.000 lebih yang akan dipasang, sampai saat ini yang telah terpasang dan sudah dikerjakan sebanyak 1.800 unit lampu jalan,” katanya.

 

Sumber : Sindikasi 


Artikel yang berhubungan:
Baca Juga:
Artikel sebelumnya:

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook