Alpen Steel | Renewable Energy

~ PLTS Terbesar Rencana Dibangun Sharp

Sharp Bangun PLTS Terbesar 28 MW 
Rancangan PLTS 28 MW yang akan dibangun Sharp dan Kansai Electrik di Sakai, Osaka, Jepang berada di atas tanah seluas 20 Ha.

Perusahaan elektronika Jepang Sharp menggarkan investasi 5 miliar Yen untuk pembangunan kompleks Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) raksasa yang menghasilkan listrik hingga 28 MW (megawatt). Kompleks yang dibangun di lahan seluas 20 hektare dan memasok energi sebesar 11 juta kWh per tahun tersebut mungkin fasilitas pembangkit listrik tenaga surya yang terbesar di dunia.  

Kompleks mega PLTS itu akan dibangun di daerah pelabuhan Kota Sakai, Prefektur Osaka, Jepang mulai tahun 2009 dan diharapkan selasai tahun 2011. Pembangunannya dilakukan bekerja sama dengan Kansai Electric Power Co., Inc. (Kansai Electric) sementara sel surya dipasok dari pabrik Sharp. Sel surya yang dipakai adalah modul surya terbaru Sharp berupa thin-film silikon yang baru diproduksi Maret 2010.

Pembangkit listrik itu rencananya dibangun pada dua lokasi. Pembangkit pertama dibangun di kawasan bekas pembuangan limbah di distrik nomor 7-3, Sakai menghasilkan daya hingga 10 MW. Sementara kompleks fasilitas pembangkit kedua yang dipasang di gedung-gedung milik Sharp akan memasok 9 Mw pada tahap pertama dan maksimal 18 MW saat pembangunan selesai.

Seperti tenaga nuklir dan tenaga hidroelektrik, tenaga surya tidak menghasilkan karvbon dioksida selama proses pembangkitan tenaga listrik. Setelah selesai dan beroperasi, proyek ini akan menghasilkan pengurangan emisi karbon sekitar 10,000 ton setiap tahun.

Saat ini, Sharp telah mengoperasikan satu sistem pembangkit listrik tenaga surya sekitar 5 Mw di Pabrik Kameyama yang memproduksi panel LCD dan TV LCD. Dengan memasang sistem yang lebih besar, kompleks manufaktur di Sakai akan menjadi basis produksi canggih yang peduli lingkungan.

Langkah Sharp juga mendapat dukungan dari pemerintah daerah setempat yang berupaya mewujudkan satu kota metropolis yang rendah karbon. Mereka menyebut inisiatif lingkungan untuk mewujudkan Kota Sakai yang "Cool".


WAH
SAKAI, KAMIS

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook