Alpen Steel | Renewable Energy

~ Bangun BTS Hijau, Telkomsel Rogoh Rp 50 Miliar

Detiknet - Telkomsel akan merogoh kocek Rp 50 miliar lagi di tahun 2010 ini untuk menambah 39 base station transceiver (BTS) ramah lingkungan. Saat ini, operator seluler itu telah memiliki 132 BTS 'hijau' di Indonesia.

Menurut GM Radio Operation and Power System Telkomsel, Iwan Chairul, BTS 'hijau itu tersebar di seluruh wilayah Indonesia, yakni Sumatera 33 BTS, Jawa 22 BTS, Bali Nusa Tenggara 23 BTS, Kalimantan 18 BTS, Sulawesi Maluku dan Papua 36 BTS.

"Jumlah green BTS kami merupakan yang terbanyak di Asia," ujarnya dalam acara Go Green BTS Telkomsel, di Restoran Pulau Dua, Senayan, Jakarta, Kamis (18/2/2010).

Nantinya, lanjut Iwan, 39 BTS 'hijau' baru yang akan dibangun Telkomsel, paling banyak akan dioperasikan di daerah Papua. "Semuanya pakai solar cell," ujarnya.

Ia merinci, untuk setiap BTS 'hijau' tersebut akan memakan investasi sekitar Rp 1,2 miliar. Dana tersebut umumnya untuk baterai, solar panel, dan biaya transportasi.

"Kalau dilihat dari capex (belanja modal) biayanya memang besar, namun jika dilihat dari opex (biaya operasional) untuk penggunaan jangka panjang sangat menguntungkan, waktunya sekitar 20 tahunan," jelas Iwan.

Penggunaan sumber energi alternatif kini menjadi salah satu upaya yang dilakukan operator seluler untuk menjamin ketersediaan power supply yang dibutuhkan untuk mengoperasikan BTS.

Selain solar cell yang bertenaga matahari, Telkomsel juga mengimplementasikan teknologifuel cell dengan memanfaatkan bahan bakar hidrogen.

"Ke depan, kami akan mengembangkan BTS dengan sumber energi alternatif yang sesuai dengan kondisi geografis Indonesia, yaitu BTS microhydro yang memanfaatkan aliran sungai dan juga BTS dengan bahan bakar organik bio fuel," pungkas Iwan.

Artikel yang berhubungan:
Baca Juga:
Artikel sebelumnya:

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook