Alpen Steel | Renewable Energy

~ Solar Panel - Alat Pemantau Gunung Bromo Dicuri

(Rois Jajeli - detikSurabaya) - Pelaku pencurian yang satu ini sungguh keterlaluan. Alat pemantauan aktivitas Gunung Bromo berupa deformasi dicuri. Selain pecurian, petugas pemantauan Gunung Bromo juga terganggu dengan kabel-kabel konektor transmisi radio yang dipotong-potong.

"Saya nggak habis pikir, kenapa alat itu dicuri. Padahal alat itu untuk membantu petugas memantau Gunung Bromo dan bermanfaat untuk masyarakat," ujar Kepala Sub Bidang Pengamatan dan Penyelidikan Gunung Api Wilayah Barat PVMBG,  Agus Rudiyanto, saat dihubungi detiksurabaya.com, Selasa (29/3/2011).

Alat deformasi yang terletak sekitar 1 kilometer dari bibir kawah Gunung Bromo itu raib dicuri orang yang tidak bertanggungjawab, sekitar 3 minggu lalu, setelah petugas pos pantau tidak menerima data dari deformasi.

"Kemungkinan pelaku pencurian ini menggunakan kendaraan. Karena alat itu cukup berat," tuturnya.

Belum selesai kasus pencurian, petugas pos pantau dikejutkan lagi dengan kabel konektor untuk transmisi radio yang terputus-putus. "Kabelnya tidak dicuri. Tapi terpotong-potong. Sepertinya ada yang sengaja memotongnya dan kami tidak tahu motifnya apa kok sampai memotong kabel," tuturnya.

Kejadian pencurian alat-alat pantau Gunung Bromo tidak hanya sekali ini saja. Sebelumnya, petugas juga disibukkan dengan kejadian hilangnya solar panel, aki dan peralatan lainnya.

"Bukan hanya sekali ini saja. Sebelumnya sudah berulang kami mengalami kejadian kehilangan alat-alat untuk memantau Gunung Bromo," tuturnya.

Harga alat deformasi itu mencapai ratusan juta rupiah dan alatnya didatangkan dari negara Jepang. "Bukan masalah harga, tapi evaluasi kami menjadi terhambat," uajrnya.

Kini petugas tinggal memiliki satu alat deformasi Gunung Bromo. Pihaknya berharap, masyarakat atau pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab agar tidak melakukan pencurian alat-alat pantau Gunung Bromo.

"Hari ini kita akan mengganti kabel-kabel cadangan yang kita miliki. Dan smeua kejadian ini sudah kami laporkan ke Polres Probolinggo," jelasnya.


Artikel yang berhubungan:
Baca Juga:
Artikel sebelumnya:

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook