Google (istimewa)

Washington (ANTARA News) - Google mengatakan telah menginvestasikan uang senilai 168 juta dolar AS untuk membantu penyelesaian pembangunan salah satu pembangkit listrik tenaga surya terbesar dunia di Gurun Mojave, California.

Raksasa mesin pencari itu mengatakan pembangkit listrik yang dibangun oleh BrightSource Energy itu akan menghasilkan 392 Megawatt (MW) energi surya netto saat selesai dibangun pada 2013.

"Itu setara dengan menjalankan mesin lebih dari 90.000 mobil seumur hidup pembangkit listrik itu yang diproyeksikan akan berumur lebih dari 25 tahun," kata Rick Nedham, direktur operasi bisnis hijau Google dalam posting blog.

"Investasi itu membuat bisnis menjadi masuk akal dan akan membantu memastikan bahwa salah satu proyek energi surya terbesar bisa diselesaikan," kata Needham seperti dikutip AFP.

Google mengatakan Ivanpah Solar Electric Generating System milik Brightsource menggunakan hamparan cermin yang disebut heliostat untuk menampung sinar matahari dalam penerima sinar surya di puncak menara.

Mereka mengatakan penerima sinar matahari itu lalu menggerakkan uap yang memutar turbin dan mesin pembangkit untuk menciptakan energi listrik.

Google mengatakan Ivanpah Power Tower akan setinggi 450 kaki (137 meter) saat selesai dibuat dan akan menggunakan 173.000 heliostat, dan masing-masing bercermin dua.

Google mengatakan proyek itu dibangun oleh raksasa perusahaan rekayasa AS Bechtel dan mulai dibangun pada Oktober 2010.

Google yang berbasis di Mountain View, California mengatakan bahwa investasi BrightSource akan menjadikkan total investasi perusahaan dalam proyek energi bersih bernilai 250 juta dolar. (*)