Alpen Steel | Renewable Energy

~ Sanyo Kembangkan Bus Tenaga Surya

Sanyo Kembangkan Bus Tenaga Surya

(foto: Autoevolution.com)

JAKARTA 

Edo Permanadhita - Okezone - Sanyo merambah dari elektronik rumah tangga kepada automotif. Hal ini terlihat dengan pengembangan bus bertenaga surya yang dikembangkan Sanyo.

 


Sebagai bagian dari upaya untuk menunjukkan bahwa dengan menggunakan sumber daya lain yang tidak konvesional, akan didapat jumlah yang sama dalam hal efisiensi. Maka perusahaan spesialis elektronik Jepang Sanyo, bermitra dengan spesialis Ryobi melahirkan Bus Solarve, sebagaimana dilansir Autoevolution, Senin (30/8/2010)

Solarve adalah konversi dari bus standar, yang menggunakan tenaga surya untuk menjaga pencahayaan interior dan scrubbers aliran udara. Untuk dapat melakukannya, bus itu dilengkapi dengan panel surya, yang disediakan oleh Sanyo. 

Proyek ini adalah yang pertama dari jenisnya untuk menggunakan tenaga surya untuk menjalankan beberapa sistem. 

Meskipun tidak sepenuhnya bebas emisi, karena bus ini tidak menggunakan kekuatan matahari untuk dapat melaju, bus ini sedikit lebih bersih daripada bus sejenis.

Bus ini Memiliki alternatif sarana pembangkit listrik, yang dapat membantu mengurangi penggunaan bahan bakar. Dengan hal tersebut, diharapkan akan dapat mengurangi emisi berbahaya yang dilepaskan ke udara. 

Air scrubber yang telah disebutkan sebelumnya adalah salah satu cara untuk dapat menyaring udara yang datang dari luar sedemikian rupa. Sehingga tidak ada lagi udara yang mengandung bau tidak sedap dan bahkan bakteri. 

Hebatnya, Menurut CNNGO, dengan air scrubber, atau yang oleh Sanyo disebut dengan Eneloop Air Fresher. Dapat membantu menghilangkan 99 persen virus, bakteri dan kotoran dari udara yang masuk kedalam bus. 

Namun belum jelas apakah proyek tersebut akan terus dikembangkan Sanyo, hingga lebih banyak lagi bus yang menggunakan tenaga surya. Namun diharapkan akan terus berjalan, agar bus dengan full bertenaga matahari dapat berkeliaran di jalanan, sehingga lingkungan menjadi lebih bersahabat. Dan semoga bus tersebut juga hadir di Indonesia, agar bisa menjadi pengganti bus kota yang saat ini menjadi slah satu sumber polusi terbesar.
 


Artikel yang berhubungan:
Baca Juga:
Artikel sebelumnya:

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook