Alpen Steel | Renewable Energy

~PLTS Di Pulau Nangka

Pulau Nangka dapat PLTS

Dusun Pulau Nangka Desa Tanjung Tedung Kecamatan Sungaiselan Kabupaten Bangka Tengah tahun ini bakal mendapat bantuan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dari Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Bangka Tengah.

Bantuan PLTS tersebut memiliki kapasitas 3.000 watt untuk memenuhi kebutuhan penerangan 77 KK warga setempat. Diharapkan dengan adanya bantuan tersebut Pulau Nangka tahun ini dapat terang benderang pada malam hari.

Camat Sungaiselan, Masagus Imron kepada harian ini mengungkapkan untuk PLTS tersebut diperkirakan akhir tahun 2009 ini sudah dapat dinikmati warga Pulau Nangka.

"Kita perkirakan sebelum puasa tahun ini Pulau Nangka sudah terang benderang. Kita berharap masyarakat setempat dapat memelihara PLTS bantuan tersebut dengan sebaikbaiknya karena untuk bantuan ini masyarakat setempatlah yang selanjutnya akan mengelolahnya," ungkap Masagus Imron, Rabu (15/4).

Menurutnya hingga saat ini di Kecamatan Sungaiselan baru sekitar 70 persen warga yang menikmati listrik dari PLN. Sedangkan sekitar 30 persen warga lainnya masih mengandalkan penerangan dari genset dan mesin diesel.

"Seperti Desa Kerakas, Tanjung Tedung, Kemingking dan Kerantai itu hingga saat ini masih mengandalkan penerangan dari diesel dan genset," jelas Masagus Imron.

Untuk memenuhi kebutuhan listrik bagi warga Kecamatan Sungaiselan berdasarkan catatan harian ini dari tahun 2006, mendapatkan bantuan PLTS ini dari pemerintah Provinsi Babel.

Bantuan dari Pemrov babel tersebut diberikan untuk warga Desa Munggu sebanyak tiga unit PLTS.

Sementara untuk tiga dusun terpencil yaitu Dusun Pulau Nangka, Tanjung Tedung dan Pangkalraya pada saat masih bergabung dengan Kabupaten Bangka Induk pada tahun 1995 lalu pernah mendapatkan ?Xbantuan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).(wan)


sumber: bangka pos cetak
  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook