Alpen Steel | Renewable Energy

~ Lampu Lalu Lintas Tenaga Surya

PLN Sering Mati
Lampu Lalu Lintas Pakai Tenaga Surya

KOMPAS/MOHAMMAD HILMI FAIQ
Ilustrasi lampu lalu lintas

BENGKULU, KOMPAS.com — Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Kota Bengkulu pada 2011 secara bertahap akan membangun lampu merah pengatur lalu lintas yang memanfaatkan sumber energi tenaga surya.

"Kami upayakan secara bertahap pada 2011 pemasangan lampu merah di Kota Bengkulu bisa menyala terus dengan sistem tenaga surya," kata Selupati, Kepala Dishubkominfo Kota Bengkulu, Minggu (1/8/2010).

Ia mengatakan sudah berkoordinasi dengan Dishubkominfo Provinsi Bengkulu agar hal itu segera diusulkan kepada Kementerian Perhubungan.

"Sebab kota ini merupakan pusat pemerintahan Provinsi Bengkulu yang kepadatan arus lalu lintasnya mulai meningkat. Walaupun nanti tidak semuanya, paling tidak kami berharap sebagian pengajuan pembangunan ini bisa disetujui pusat," katanya.

Untuk mengatasi kesemrawutan lalu lintas jalan akibat lampu merah banyak tidak berfungsi karena ketergantungan dari PLN setempat, satu-satunya jalan adalah dengan memanfaatkan tenaga surya itu.

"Jika pemasangan lampu merah menggunakan tenaga surya ini terealisasi, akan tercipta rasa aman bagi masyarakat pada saat berkendaraan sehingga nanti tidak ada lagi terpengaruh pemadaman listrik dari PLN yang selama ini menjadi pemasok energi," katanya.

Ia menerangkan, berdasarkan pengalaman di sejumlah daerah lain yang sudah lebih dulu melaksanakan teknis kerja pola ini, pada siang hari, mereka akan mengumpulkan energi listrik dari matahari melalui panel surya dan disimpan dalam baterai.

"Energi yang tersimpan ini akan digunakan jika tidak ada sinar matahari seperti saat malam hari," terangnya.

Saat ini sekitar 20 lampu merah yang tersebar di semua jalan utama dalam Kota Bengkulu menggunakan energi litrik yang disalurkan PLN setempat.

 

Sumber : Kompas

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook