Alpen Steel | Renewable Energy

~ PLTS di Kota Bandung

 
PLTS di Kota Bandung
 
PLTS di Kota BandungDeket-deket ini Pemerintah kota (PEMKOT) Bandung mempunyai kebijakan untuk membuat sebuah Pembangkit Listrik Tenaga Sampah atau disebut dengan PLTS, Banyak pro kontra dari kebijakan PEMKOT bandung ini, Memang sepintas terlihat banyak sekali manfaat akan adanya PLTS ini, karena mungkin menurut saya ini adalah IDE brilian PEMKOT bandung untuk mengatasi masalah sampah yang membeludak di kota bandung ini khususnya.
 
tapi saya pribadi kurang menyetujui hal ini, mengapa ? karena mungkin hal ini akan membuat polusi kota atau daerah yang disinggahinya, Karena proses untuk pembuatan PLTS ini dengan cara membakar sampah untuk menjadi penggerak ubin, yang hasilnya akan menjadi listrik. Bukan hanya itu, tetapi masyarakat yang tinggal di daerah yang penuh sampah mereka pun akan protes karena sampah yang dibakar akan membuat masyarakat tidak tenang, dikarenakan sampah yang dibakar untuk menjadi bahan listrik.

Tentu pemerintah kota bandung tidak akan gegabah dalam merealisasikan hal ini, Dan katanya mereka bekerja sama dengan ITB (Institut Teknologi Bandung) dalam perencanaan PLTS ini. Sampai saat ini, PEMKOT Bandung sendiri belum begitu jelas tentang PLTS ini. Dan hal ini pasti mengundang Pro dan kontra kepada masyarakat, Untuk ini PEMKOT bandung mempunyai tugas untuk memberi penjelasan mengenai keuntungan dan kerugian PLTS ini. Dan berikut langkah yang diambil oleh PEMKOT bandung :

1. Ada jaminan bahwa tidak ada sampah yang tercecer di jalan ketika terjadi pengangkutan dari TPS ke PLTS.

2. Mengganti armada sampah menjadi armada sampah yang modern dan tertutup.

3. Memberi penyuluhan kepada masyarakat cara-cara memisahkan sampah sehingga mempermudah dalam pemrosesan.

4. Mencegah pemulung masuk ke lokasi PLTS dan menjadikan PLTS adalah area tertutup bagi masyarakat yang tidak berkepentingan.

5. Membuat pengolahan limbah yang memenuhi kesehatan masyarakat sekitar PLTS.

6. Jika kesepakatan tidak dipenuhi maka masyarakat bisa mengajukan penutupan PLTS.

Walopun saya pribadi kurang setuju, Saya berfikir pasti PEMKOT bandung akan melakukan hal yang terbaik untuk kotanya agar tetap lestari, indah. Dukungan selalu kami berikan terhadap kelestarian kota bandung khususnya.

 

Bandung.

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook