Alpen Steel | Renewable Energy

~ 20 Rribu Panel Surya Photovoltaic PLTS Di Sanghai

Pembangkit Listrik Tenaga Matahari Terbesar di Dunia Mulai Beroperasi

 

Pembangkit Listrik Tenaga Matahari Terbesar di Dunia Mulai  Beroperasi

PEMBANGKIT listrik tenaga matahari terbesar di dunia yang terletak di Shanghai mulai beroperasi. Pembangkit yang menggunakan 20 ribu panel surya photovoltaic bisa mengalirkan listrik hingga 6,3 juta kwh per tahun.


Aliran listrik itu untuk memenuhi kebutuhan listrik 12 ribu rumah tangga di Shanghai. Panel tenaga surya menempati area seluas 61 ribu meter persegi dan telah menghasilkan 300 ribu kwh sejak proyek senilai 160 juta Yuan ini beroperasi dua minggu lalu.

Terobosan ini akan mengurangi penggunaan batu bara sebesar 2.254 ton dan mengurangi emisi gas karbon sebesar 6.600 ton. "Proyek ini menjadi pembuktian pada komitmen China untuk mengurangi emisi karbon untuk memerangi dampak perubahan iklim," kata Yu Hailong, General Manager of the Beijing-based China Energy Conservation and Environmental Protection Group (CECEP).

Yu Hailong menambahkan, penggunaan energi terbarukan gencar dilakukan setelah negara-negara di dunia sepakat untuk mengurangi 40-45% emisi karbondioksida per unit produk domestik bruto (PDB) sampai tahun 2020.

"Sebagai proyek pelopor, ini akan membantu stimulasi pengembangan energi surya di China dan mempromosikan pembangunan stasiun kereta api yang ramah lingkungan," papar Hailong.

Pembangkit listrik di Shanghai ini menggeser pembangkit listrik tenaga matahari di Olmedilla, Spanyol yang sebelumnya tercatat sebagai yang terbesar di dunia. (*/Xinhua/OL-9)
 
Sumber : Media Indonesia.com

Artikel yang berhubungan:
Baca Juga:
Artikel sebelumnya:

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook