Alpen Steel | Renewable Energy

~ 15 Miliar Untuk Pengadaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Di Kalimantan Timur

Pemprov Kaltim Kucurkan Rp15 Miliar Untuk Listrik Pedalaman

Kapanlagi.com - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) mengucurkan dana sebesar Rp15 miliar untuk pengadaan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) bagi warga di daerah pedalaman dan perbatasan.

"Tahun ini dananya sudah dicairkan untuk tiga daerah di Kabupaten Kutai Kartanegara, Malinau dan Bulungan. Masing-masing dapat Rp5 miliar," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Kaltim, Sulaiman Gaffur, di Samarinda, Selasa.

Menurut dia, mekanisme pengadaan alat diserahkan langsung ke pemerintah daerah masing-masing. Bila diasumsikan harga satu panel surya bernilai Rp10 juta, maka di masing-masing daerah bisa mendapatkan sekitar 500 PLTS yang bisa dibagikan ke warga.

"Sejauh ini hanya Kutai Kartanegara yang belum dapat merealisasikan program tersebut," katanya.

Ia mengatakan, bantuan tersebut bertujuan membantu pengadaan tenaga listrik bagi warga di pedalaman dan perbatasan yang hingga kini belum mendapat pelayanan dari negara. Diharapkan, bantuan tersebut dapat menggantikan penggunaan mesin generator yang hingga kini menjadi alat utama bagi warga untuk mendapatkan listrik.

Kendati demikian, ia berharap agar pemerintah daerah bersedia mengalokasikan dana untuk melatih warga merawat PLTS agar tidak cepat rusak. Menurut dia, bantuan ini bukan pertama kali yang dilakukan Pemprov Kaltim untuk membantu warga pedalaman. Pernah ada bantuan mesin generator untuk warga di Kabupaten Pasir dan pembangkit listrik mikro hidro di Kutai Barat, tapi semuanya sudah rusak karena tidak dirawat.

"Rencananya bantuan PLTS ini dapat berkelanjutan. Tapi susah juga kalau alat yang diberikan malah rusak karena tidak dirawat," ujarnya. (*/rsd)

 

Sumber: kapanlagi.com


Artikel yang berhubungan:
Baca Juga:
Artikel sebelumnya:

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook