Alpen Steel | Renewable Energy

Listrik Surya di 13 Kabupaten

Jakarta, Kompas - Untuk melayani kebutuhan listrik warga di daerah terisolir dan terpencil, tahun 2004 pemerintah bekerja sama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) memasang 2.750 unit Solar Home System (SHS) di 13 kabupaten. Tahap I, 500 unit SHS di Atambua, Kabupaten Belu, yang berbatasan dengan Timor Leste, akan diresmikan oleh Menteri Riset dan Teknologi Hatta Radjasa.

Menurut rencana, seluruh unit pembangkit listrik tenaga surya di tingkat rumah akan terpasang hingga Maret 2004. Seluruh pemasangan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sekitar Rp 18 miliar. "Kami mengharapkan keterlibatan pemerintah daerah sehingga proyek ini terus berlangsung," kata Manajer Proyek Adjat Sudrajat dalam jumpa pers di Gedung BPPT di Jalan MH Thamrin, Jakarta, Jumat (20/2).

Hingga kini, di Indonesia sudah terpasang puluhan ribu SHS, termasuk 100 unit SHS di Desa Sukatani, Sukabumi, Jawa Barat yang dinilai berhasil.

Selain 500 unit SHS, juga akan diresmikan dua pemancar televisi mini di Kabupaten Belu dan Kabupaten Alor, pulau kecil di utara Timor Leste yang selama ini hanya bisa menyaksikan terang benderangnya lampu di negara tetangganya.

Beberapa kabupaten yang akan dikenai proyek SHS, masing-masing Kabupaten Luwu dan Sinjai di Provinsi Sulawesi Selatan, Kabupaten Boalemo dan Poleno di Provinsi Gorontalo, Kabupaten Sorong Papua, Kabupaten Morowali di Poso, Kabupaten Ogan Kemiring Ulu dan Ogan Kemiring Ilir.

Kawasan yang terkena proyek SHS di antaranya memiliki karakteristik rasio elektrifikasi rendah, terisolasi, PLN tidak akan masuk hingga 10 tahun mendatang, serta adanya niat baik pemerintah daerah.

Di Atambua akan dibentuk badan pengelola bekerja sama dengan pemerintah daerah. Badan itu terdiri dari dua manajer dan tiga teknisi yang memantau persoalan teknis SHS, misalnya air aki dan baterai.

Kepedulian pemerintah daerah memang diperlukan. Hal itu berdampak bagi kesinambungan sistem SHS bagi warga terisolasi yang secara ekonomi tergolong lemah. (GSA)

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook