Alpen Steel | Renewable Energy

~ PLT Surya Dan Angin Mulai Dikembangkan

Pembangkit Listrik Tenaga Matahari Ciptakan lapan biak

Pembangkit listrik tenaga energi matahari/Ilustrasi

Biak, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Kabupaten Biak Numfor, Papua, menciptakan mesin pembangkit listrik tenaga angin dan matahari. Pembangkit ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan listrik bagi masyarakat terpencil.

Peresmian pembangkit listrik tenaga angin itu dilakukan Deputy Penginderaan Jarak Jauh Lapan, Nur Hidayat disaksikan Bupati Biak Yusuf Melianus Maryen di kantor Lapan Biak, Senin. Peresmian pembangkit listrik tenaga angin itu ditandai penanaman pohon memperingati HUT ke-64 Lapan.

Kepala Satker Lapan Biak Ir Ruslan Ginting mengatakan, pembangunan satu unit pembangkit listrik tenaga angin menghabiskan biaya sekitar Rp30 juta.

Pembangkit listrik tenaga angin dan matahari sangat cocok untuk memenuhi aliran listrik bagi masyarakat di kampung dan pulau-pulau terpencil. Pembangkit ini sangat cocok dengan kondisi Kabupaten Biak Numfor yang daerahnya terdiri atas pulau-pulau kecil.

"Lapan Biak siap menjalin kerja sama dengan Pemkab untuk membuat jaringan pembangkit listrik tenaga angin dan matahari," ungkap Ruslan Ginting.

Bupati Biak Yusuf Melianus Maryen mengakui, sangat tertarik dengan pembangkit listrik yang dibuat Lapan, karena tepat guna dalam memenuhi kebutuhan jaringan listrik di masyarakat kampung di pulau-pulau.

"Pembangkit itu, bisa menjawab kebutuhan listrik di sekolah, Puskesmas maupun kantor distrik, kecamatan wilayah kepulauan," kata Bupati Yusuf Melianus Maryen didampingi Danrem 173/PVB Kolonel Inf Herry Ramla

Nazir Amin  
  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook