Alpen Steel | Renewable Energy

~ Sumber Energi Terbarukan Sel Surya Dan Bayu

Rencana Aplikasi Diserahkan ke Presiden
 
Rencana induk aplikasi sumber energi terbarukan sel surya dan bayu diserahkan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Tim dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi, salah satu penyusun rencana tersebut, merekomendasikan, 2011 dibangun industri sel surya dalam negeri.

”Pembangunan industri sel surya dengan target awal 50 megawatt peak setiap tahun akan memakan waktu sekitar 18 bulan,” kata Direktur Pusat Teknologi Konversi dan Konservasi Energi BPPT Arya Rezavid, Senin (12/10) di Jakarta.

Tim yang menggodok rencana induk aplikasi sel surya dan bayu meliputi BPPT, PT Len Industri (Persero), dan Kementerian Negara Badan Usaha Milik Negara untuk bidang persiapan industri. Direktorat Jenderal Listrik dan Pemanfaatan Energi Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral dengan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional mempersiapkan rencana implementasinya.

Rencana penanganan investasi ditangani Kementerian Negara BUMN dengan Bappenas. Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dan Departemen ESDM menggodok regulasinya.

Menurut Arya, fokus rencana induk dua program, yaitu program percepatan pemanfaatan energi surya dan bayu. Lalu program industri sel surya.

”Mendorong pemerintah memberi insentif khusus bagi perumahan yang mengaplikasikan sel surya. Kemudian seperti dikehendaki Presiden, pemanfaatan energi angin atau bayu diprioritaskan untuk permukiman nelayan,” kata Arya.

Potensi energi bayu, menurut Reza, belum bisa optimal sepanjang tahun. Ada masa-masa tertentu menjadi angin mati sehingga aplikasinya perlu dipadukan dengan sel surya.
(NAW)
 
Sumber : cetak.kompas.
 

Hukum & Humas,

Jakarta, Kompas - 

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook