Alpen Steel | Renewable Energy

~ PJU Tenaga Surya Lebih Hemat Energi

PJU Tenaga Surya Lebih Menghemat

Penggunaan sumber energi tenaga surya untuk sarana penerangan jalan umum (PJU) merupakan bentuk  penghematan energi di tengah krisis energi saat ini. Transisi jenis energi surya sebagai energi alternatif itu memerlukan perhatian serius agar mendapat hasil maksimal.

Di Kota Cimahi, saat ini terdapat 23 titik penerangan jalan umum (PJU) bertenaga surya (solar cell). Selain menghemat operasional pembelian listrik, dalam jangka panjang, langkah ini dapat berkontribusi untuk mengatasi krisis energi.

”PJU solar cell di Cimahi tersebar di lima daerah, yaitu Kamarung, Cangkorah, Cireundeu, Leuwigajah, serta di greenhouse di lingkungan Pemkot Cimahi,” kata Kepala Dinas Penyehatan Lingkungan dan Kebersihan Kota Cimahi Suryani Wirianata.

Dikatakannya, penerapan PJU bertenaga  surya di Kota Cimahi sudah dirintis sejak 2007. Penempatan tiangnya rata-rata berada di daerah perbatasan dengan kabupaten/kota lain. Pemasangan ini bukan tanpa alasan, karena terkait erat dengan ketersediaan jaringan listrik.

Biasanya, kata Suryani, daerah seperti itu relatif sulit mendapatkan jaringan listrik langsung. Atau, sebenarnya, PJU bertenaga surya ini bisa juga di daerah ”tengah kota”, namun tidak memungkinkan lagi untuk memasang tiang PJU baru.

Secara fisik, PJU bertenaga surya berbeda dengan PJU biasa. Pada bagian atas PJU bertenaga surya terdapat penampang untuk menyerap energi matahari. Tak jauh dari penampang tersebut, terdapat lampu yang dialiri listrik dari tenaga surya. Sementara di bagian tengah tiang, terdapat sebuah kotak berisi instrumen yang dapat mengubah energi matahari menjadi energi listrik.

Suryani menuturkan, jika dilihat dari biaya pembangunan, PJU bertenaga surya lebih mahal jika dibandingkan dengan PJU biasa yang menggunakan sumber listrik dari PLN. Ia menuturkan, pembangunan satu tiang PJU biasa memakan biaya sekitar Rp 10 juta, sedangkan untuk membangun PJU bertenaga surya diperlukan sekitar Rp 15 juta.

Namun, di sisi lain, biaya operasional PJU bertenaga surya ini relatif lebih murah. Alokasi pembiayaan hanya diperlukan untuk perawatan, tanpa perlu mengeluarkan biaya untuk membeli listrik. Selain itu, perawatannya pun relatif mudah. ”Perawatan PJU solar cell ini tidak terlalu sulit, hanya perlu dibersihkan dari debu atau lumut jika sedang musim hujan,” katanya.

CIMAHI, (PRLM).- 

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook