Alpen Steel | Renewable Energy

~ Lampu Jalan Tenaga Surya Untuk Penerangan

Lampu Jalan Tenaga Surya Jadi Solusi


Sebagian lampu penerangan jalan di Kota Tanjungpinang, kini menggunakan listrik tenaga surya. Lampu-lampu ini bisa dilihat pada beberapa ruas jalan yang jauh dari jaringan listrik PLN. Untuk dalam kota, lampu penerangan ini dapat dilihat di Jalan Lembah Purnama Ujung. Kemudian di ruas jalan lingkungan Komplek Perumahan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Tanjungpinang. Jika di luar kota, ada di sepanjang jalan menuju Kampung Dompak Laut dari Jalan Baru Batu 8 Bawah.


Lampu jalan menggunakan tenaga surya kelihatan sangat praktis, satu tiang lampu memiliki satu lempengan yang berfungsi menangkap sinar mata hari pada siang hari.  Lempengan surya ini terletak di bagian atas tiang atau dekat dengan lampu.   

 
Warga Perumahan Griya Pramuka Tanjungpinang, Marzuki, 38, berharap lampu jalan bertenaga surya dapat dipasang di jalan lingkungan perumahannya. Karena pada umumnya jalan lingkungan di perumahannya belum memiliki lampu jalan. Sementara di Jalan Lembah Purnama yang juga melintas di sisi kawasan perumahan sudah ada lampu penerangan jalan menggunakan listrik tenaga surya.


”Dulu kami pernah mengusulkan agar jalan lingkungan perumahan ada lampu jalan, tapi belum ada realisasi. Sekarang nampaknya sudah ada alternatif mendapatkan energi listrik dengan menggunakan lampu jalan tenaga surya. Ini sangat bagus,” papar Marzuki. Sarwan, pemasok perangkat listrik tenaga surya di Tanjungpinang, mengatakan, listrik tenaga surya sangat praktis, dan tergolong murah. 


”Cukup beli perangkat tenaganya, tiang lampu, dan lampunya itu sendiri. Setelah itu tidak perlu lagi membayar beban pemakaian seperti kita menjadi pelanggan PLN,” paparnya. Perawatan juga murah, dan dilakukan dalam waktu yang relatif  lama. Risiko kerusakan lampu juga relatif rendah. (aji)

 
  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook