Alpen Steel | Renewable Energy

~ Listrik Tenaga Surya Kini Diuji Coba

Listrik Tenaga Surya Diuji Coba

Kondisi bumi kita kian lama kian mengenaskan karena tercemarnya lingkungan dari efek rumah kaca (greenhouse effect) yang menyebabkan global warming, hujan asam, rusaknya lapisan ozon hingga hilangnya hutan tropis. Semua jenis polusi itu rata-rata akibat dari penggunaan bahan bakar fosil seperti minyak bumi, uranium, plutonium, batu bara dan lainnya yang tiada hentinya. Padahal kita tahu bahwa bahan bakar dari fosil tidak dapat diperbaharui, tidak seperti bahan bakar non-fosil.


Dengan kondisi yang sudah sedemikian memprihatinkan, gerakan hemat energi sudah merupakan keharusan di seluruh dunia. Salah satunya dengan hemat bahan bakar dan menggunakan bahan bakar dari non-fosil yang dapat diperbaharui seperti tenaga angin, tenaga air, energi panas bumi, tenaga matahari, dan lainnya. Duniapun sudah mulai merubah tren produksi dan penggunaan bahan bakarnya, dari bahan bakar fosil beralih ke bahan bakar non-fosil, terutama tenaga surya yang tidak terbatas dan relative murah. Hal inilah salah satu alasan dan landasan dari Pemerintah Kab.

Pinrang yang pada pekan lalu tepatnya hari Kamis (29/10/2009) dilakukan ujicoba penerangan lampu jalan di Jalan Bintang atau depan kantor Bupati Pinrang dengan menggunakan tenaga surya. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Sumber Daya Mineral dan Energi Kab. Pinrang Ir. H. Armin Sanusi kepada SUSIA NEWS. Menurut Armin untuk tahap pertama uji coba listrik tenaga surya ini dilakukan untuk lampu jalan yang jumlahnya sekitar 20 tiang, dimana setiap tiangnya dipasang 2 lampu dengan daya 150 watt.

Ditambahkan bila memang program penerangan lampu jalan di ruas Jl Bintang tersebut berhasil, maka selanjutnya akan diupayakan di beberapa pasar yang belum punya listrik dan juga ibukota Kecamatan. Untuk hal tersebut Pihaknya menurut Armin akan memprogramkan untuk tahun anggaran 2010 ini nantinya, sementara sekarang sudah ada beberapa unit yang merupakan bantuan dari pusat yang tersebar dibeberapa tempat di pegunungan namun hanya untuk perumahan saja.

Armin Sanusi juga mengungkapkan bahwa inovasi listrik tenaga surya ini sebenarnya sudah dipakai di beberapa tempat khususnya di Pulau Jawa, namun yang ada di Pinrang dengan menggunakannya untuk penerangan jalan baru yang pertama kalinya dilakukan. Sementara solar cell atau mesin pembangkitnya ini dibuat di Pinrang dari salah seorang masyarakat yang lama di Malaysia dan oleh Produsen tersebut komponen listrik tenaga surya ini diberikan garansi selama 3 tahun sehingga diyakini mempunyai kualitas yang bagus, untuk itu kedepan selain digunakan untuk pasar dan ibukota kecamatan direncanakan pula akan dipasang di lingkungan perkantoran, sehingga tidak akan lagi mengalami pemadaman seperti jaringan dari PLN yang terkadang mengalami krisis energi listrik.

Beberapa kendala muncul akibat terbatsnya energi pembangkit listrik yang ada selama ini, seperti tenaga uap dan diesel yang kemungkinan rusak atau over houl, demikian juga tenaga air yang selalu bermasalah dengan musim kemarau dan sedimentasi. Itulah kondisi yang terjadi sekarang, akibat kurangnya ketersediaan cadangan lsitri akibat sumber energi yang terbatas, maka dipandang perlu dicarikan energi alternative yang tersedia sepanjang tahun. Bila demikian maka tenaga surya atau mataharilah yang paling aman diantara sekian banyak sumber energi yang ada. Tenaga surya menjadi energi alternatif terbaik untuk dikembangkan di tanah air mengingat sepanjang tahun beberapa wilayah Indonesia mendapat sinar matahari. Demikian juga halnya secara logika mengembangkan energi tenaga surya lebih efisien dibanding energi alternatif lainnya.

Inilah yng menjadi bahan pemikiran tentang biaya listrik murah yang akan diberikan kepada masyarakt yang merupakan program dari Bupati Aslam Patonangi. Langkah tersebut telah dimulai dari sekarang dengan penerangan jalan di depan Kantor Bupati Pinrang, kelak bisa saja Jaringan Listrik PLN akan tidak berfungsi lagi, namun itu merupakan sebuah hal yang masih terlalu dini untuk dipikirkan,  karena bagaimanapun Energi Surya masih terus dikembangkan modifikasinya, karena belum se efektif dengan energi lainnya khususnya bahan Bakar dan Potensi Alam Lainnya.

(Susia News, Pinrang)
  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook