Alpen Steel | Renewable Energy

~ Oven Tenaga Surya Dari Kompoteni Teknologi Sederhana

Siswi SD Ciptakan Oven Tenaga Matahari

indosiar.com, Banjarmasin - Gusti Lulu Fatima, siswi Sekolah Dasar Negeri Antasan Besar VII Kota Banjarmasin berhasil menyabet juara II dalam lomba Kompetensi Teknologi Sederhana tingkat nasional. Ciptaannya adalah sebuah alat pemanas alias oven tenaga matahari, yang selain hemat energi juga dapat dibuat dengan harga murah.

Seluruh komponen oven tersebut dapat diperoleh di sekitar, diantaranya kotak kardus, cermin, kaca, kertas aluminium serta kulit bekas jok sepeda motor. Proses pembuatannya juga cukup sederhana, yang diawali dengan memotong kardus dan membentuknya menjadi kotak. 

Bagian dalam kotak dibaluri lem untuk menempel kertas aluminium yang berfungsi menahan panas matahari dan untuk menyerap panas sinar matahari, kertas mengkilap tersebut dilapisi kulit jok berwarna hitam. 

Langkah terakhir, kotak kardus ditempeli kaca dan cermin di keempat sisinya guna menyerap panas sinar matahari secara maksimal. Menurut Lulu, oven tenaga surya kreasinya tersebut mampu menghasilkan energi panas hingga 109 derajat Celcius dan bisa untuk memasak mie instan.

Lulu mengaku ide membuat oven tenaga surya ini didapat dari pelajaran IPA di sekolahnya. Dengan oven tenaga surya ini Lulu bahkan berhasil menyabet juara II lomba kompetensi teknologi sederhana tingkat nasional yang berlangsung di Bogor November 2006 lalu.

(Muhammad Lutfi Darlan/Sup)

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook