Alpen Steel | Renewable Energy

~ Panel Surya Buatan Cina Lebih Unggul

 Panel Surya Buatan Cina Kalahkan Jerman

 

Industri tenaga matahari Jerman, yang selama ini menjadi yang terdepan dalam pengembangan teknologi tenaga matahari, mulai menghadapi kompetitor dari Asia, khususnya Cina.

Q-Cells, perusahaan pembuat panel surya terbesar di dunia, pekan lalu mengumumkan pendapatan yang terus menurun dalam setengah tahun ini. Akibatnya, perusahaan Jerman itu harus memecat 500 karyawan dari 2600 tenaga kerja yang dimilikinya, sementara sebagian lainnya ditempatkan sebagai pekerja paruh waktu.

Krisis ini juga dialami perusahaan kecil seperti Sunline. Tiga bulan lalu perusahaan ini menyatakan bangkrut dan memecat 78 karyawannya.

Perusahaan-perusahaan itu kalah menghadapi saingan dari Cina yang mampu membuat panel tenaga surya yang lebih murah. Hal itu bisa dicapai karena upah buruh yang murah. Perusahaan Cina juga mampu menekan harga pembelian  silikon, bahan mentah untuk pembuatan panel surya yang jauh lebih murah.

Perusahaan-perusahaan Jerman terikat kontrak jangka panjang dengan pihak penyedia silikon, sementara perusahaan Cina bisa mencari langsung di pasaran, dimana harganya bisa ditekan hingga 70 persen.

Hasil survey yang dilakukan  perusahaann konsultan Jerman, Photon Consulting menyebutkan perusahaan Jerman seperti Ersol menetapkan harga 1,01 dolar per watt sementara perusahaan Cina Suntech hanya menerapkan harga 35 sen per watt.

Secara keseluruhan, ongkos produksi untuk industri tenaga matahari di Cina 30 persen lebih rendah dibanding Jerman.

Situasi ini membuat beberapa perusahaan Jerman memutuskan bergabung dengan saingan mereka di Cina.

Q-Cells baru-baru ini mengumumkan kerjasam dengan LDK Solar. Gabungan perusahaan ini sudah membuka kantor cabang di Malaysia. Sementara perusahaan Jerman lainnya Solarworld siap membangun pabriknya di Korea Selatan.

Ilustrasi : www.afp.com



Sumber : AFP

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook