Alpen Steel | Renewable Energy

~ PLTS 2 GW Dibangun Di China

 
 China Bangun PLTS 2 GW
Wu Bangguo, Standing Committee Kongres Rakyat Nasional China melakukan penandatanganan di Solar Panel ketika menyaksikan MoU antara Kota Ordos dan First Solar di Tempe, Arizona.

energiterbarukan.net. Pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) dengan kapasitas sebesar 2 GW mungkin jauh dari bayangan kita, tapi tidak di China. First Solar Inc., sebuah perusahaan solar power dari Amerika, akan membangun PLTS tersebut di kota Ordos, di wilayah propinsi Mongolia Dalam (Inner Mongol). Proyek ini merupakan pembangunan PLTS terbesar di dunia. Penandatanganan antara keduanya telah dilakukan kemarin (8/9/09) di kantor pusat First Solar Inc. di Tempe, Arizona disaksikan oleh Wu Bangguo, orang kuat nomor dua di China setelah Presiden Hu Jintao.

“Kami bangga atas penandatanganan MOU ini" ungkap Mike Ahearn, chief executive First Solar sebagaimana dikutip dari APP.

Pemerintah Amerika Serikat dan China dapat bekerjasama untuk menurunkan biaya listrik dari PLTS yang tersambung ke jaringan dimana ini akan kompetitif dengan listrik dari sumber energi tradisional dan membuat cetak biru percepatan pengembangan skala besar dari pemanfaatan tenaga surya dunia untuk mencegah/mengurangi dampak perubahan iklim, lanjutnya. 

MOU tersebut menggarisbawahi kemitraan jangka panjang antara First Solar dan Ordos City, dimana First Solar juga akan mempertimbangkan investasi pembuatan solar sel di Ordos.

“Kami sangat senang bermitra dengan salah satu pemain utama di industri teknologi PLTS dunia dalam proyek yang akan berdampak pada produksi karbon yang rendah di Ordos." ungkap Cao Zhichen, wakil walikota Ordos. Untuk proyek ini Pemerintah kota Ordos akan menyediakan 65 kilometer persegi lahan.

“Diskusi dengan First Solar tentang pembangunan pabrik di China merupakan demonstrasi bagi investor di China bahwa mereka dapat percaya diri berinvestasi pada bidang teknologi tinggi," ujarnya lebih lanjut.

China giat meningkatkan kemampuan produksi listrik murah dari sumber energi surya sebagai bagian dari tujuan nasionalnya untuk mencapai 10 persen penyediaan energi dari sumber energi terbarukan pada tahun 2010 dan 15 persen pada tahun 2020 termasuk didalamnya adalah dari sumber energi angin, air, biomasa dan surya.

Saat ini, kapasitas terpasang PLTS di China sekitar 90 MW. Pemerintah China berencana menggenjot pemanfaatan energi surya dari target awal hanya sebesar 1,8 GW pada tahun 2020 menjadi 2 GW pada tahun 2011 dan 10 sampai 20 GW pada tahun 2020 seperti disampaikan dalam konferensi pers penandatanganan MoU tersebut.

Fase pertama dari PLTS kota Ordos adalah pembangunan 30 MW demo proyekyang direncanakan akan dimulai pada bulan Juni 2010. Fase selanjutnya berturut-turut dibangun PLTS dengan kapasitas 100 MW dan 870 MW yang diharapkan akan selesai pada akhir 2014. Sedangkan fase terakhir sebesar 1000 MW akan selesai pada akhir 2019.

Berdasarkan MoU tersebut, selama implementasi fase awal, First Solar akan aktif mengkaji kemungkinan pembangunan pabrikasi modul dan suplier di Ordos. First Solar juga berencana melakukan ekspansi rantai suplai untuk produksi thin-film photovoltaic modul dan daur ulang modul bekas

Terakhir diperbaharui 

Diupload Oleh Awang Riyadi   
  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook