Alpen Steel | Renewable Energy

~ Kombinasi Teknologi Solar Thermal Dan Fotovoltaik

Kombinasi teknologi solar thermal dan panel surya bisa hasilkan teknologi yang lebih murah

 
Skyline Solar, mengembangkan metode yang lebih murah untuk memanen energi surya dibanding beberapa teknologi yang ada saat ini, setidaknya demikian yang diungkapkan perusahaan tersebut. Panel surya yang dikembangkannya menggunakan konsentrator surya dan sel surya yang digabungkan menjadi sebuah pembangkit listrik yang murah, meski masih memanfaatkan teknologi sel surya yang hingga kini masih relatif mahal.

Skyline Solar menggunakan teknologi yang dimiliki solar thermal dan fotovoltaic. Reflektor yang mengadopsi teknologi solar thermal berfungsi sebagai konsentrator surya untuk meningkatkan intensitas cahayanya hingga 10 kali lipat. Sementara tabung yang digunakan pada pembangkit listrik solar thermal digantikan dengan sel-sel surya mengikuti panjang reflektor.

Dengan kombinasi teknologi tersebut, penggunaan sel-sel surya bisa dikurangi dan berarti juga menurunkan biaya yang harus dikeluarkan untuk investasinya. Meski hanya menggunakan deretan sel surya berukuran kecil, menurut Skyline daya keluarannya sebanding dengan penggunaan panel surya konvensional tanpa konsentrator dengan jumlah yang sama.

Meski menurut Skyline teknologinya murah, tetapi Travis Bradford, profesor manajemen di University of Chicago dan analis industri surya mengingatkan tentang kemungkinan keberhasilan teknologi tersebut di pasar. Bradford menjelaskan bahwa saat ini teknologi sel surya sudah mengalami penurunan harga yang cukup signifikan. Sedangkan jika cermin sebagai reflektor seperti yang digunakan dalam teknologi solar thermal masuk ke dalam hitungan, maka harga teknologi Skyline juga perlu dilihat kembali. Belum lagi penggunaan teknologi penjejak surya yang juga merupakan komponen penyerap biaya investasi yang cukup besar. Menurut Bradford, jika komponen-komponen tersebut bisa ditekan, maka potensi pemasarannya menjadi lebih baik.
window.google_render_ad();
Planethijau.com
  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook