Alpen Steel | Renewable Energy

~ Solar Cell Untuk Penerangan Jalan Umum

Lamongan Gagas Penerangan Jalan Gunakan Tenaga Matahari

Sebagai salah satu upaya menghemat energi listrik, pemerintah kabupaten Lamongan menggagas penerangan jalan umum di desa dan kota menggunakan energi matahari atau solar cell. Bupati Lamongan, Masfuk, Kamis (28/8) mengatakan gagasan itu merupakan salah satu solusi terhadap ancaman pemanasan global.

Jika semua lampu penerangan jalan umu (PJU) di Lamongan bisa diganti dengan energi solar (matahari), saya kira ini akan sangat bagus sekali untuk mendukung program penghematan energi yang dicanangkan presiden," kata Masfuk saat peresmian Jalan Poros Desa Butungan Kecamatan Kali Tengah dan pembinaan terhadap kader Program Kesejahteraan Keluarga (PKK) yang dipusatkan di Kecamatan Kalitengah.

Selain dukungan dari masyarakat Lamongan, Masfuk berharap ide tersebut mendapat dukungan dari legislatif sehingga program ini dapat lebih cepat berjalan. Dia menambahkan manfaat program itu bukan hanya akan menghemat anggaran rutin Pemkab Lamongan tetapi juga untuk masa depan anak cucu kita.  

"Energi matahari sampai saat ini masih gratis. Dibandingkan dengan listrik dari PLN yang bahan bakunya dari batu bara dan gas alam, energi matahari ini adalah energi hijau yang nol polusi. Jika bisa mewujudkan ini, Lamongan akan menjadi pionir penggunaan PJU dengan tenaga solar cell," ujarnya.

Menurut Masfuk, jika gagasan PJU gunakan tenaga surya tersebut dapat terwujud, Pemkab dapat menghemat biaya yang selama ini dikeluarkan untuk kebutuhan listrik. Biaya untuk listrik bisa dialihkan untuk percepatan pembangunan di Lamongan.

Masfuk menambahkan, Pemkab Lamongan telah membuat berbagai kebijakan untuk percepatan perkembangan Lamongan agar tidak lagi tertinggal dengan daerah lain. Sehingga semua pihak termasuk aparatur desa harus menyamakan persepsi dan pemahaman tentang kebijakan pemerintah.

Tidak hanya aparatur desa, camat juga harus mengetahui pertumbuhan daerahnya, paham akan skala prioritas di daerahnya, sehingga kebijakan yang ditetapkan tepat sasaran. "Jangan sampai camat yang sekarang sama dengan camat zaman dulu yang hanya menjadi ndoro kanjeng tanpa mau turun ke desa. Datangi desa, lihat pembangunan yang sedang berjalan, tegur kalau memang proyek yang berjalan tidak sesuai. Pembangunan yang dilaksanakan itu dari rakyat dan untuk rakyat," katanya.

.indosat {font: bold italic 12px Tahoma;
ACI
  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook