Alpen Steel | Renewable Energy

~ Energi Alternatif Sumber Energinya Melimpah

Penggunaan Energi Alternatif Masih Rendah

Penggunaan energi alternatif dari sumber bahan bakar terbarukan hingga saat ini masih sangat rendah. Salah satu penyebabnya, masyarakat sudah terbiasa menggunakan energi dari bahan fosil.

” Padahal, energi alternatif sumber energinya melimpah dan bisa diperoleh secara cuma-cuma sehingga memiliki daya saing ekonomis,” kata Rektor Universitas Darma Persada Jakarta Kamaruddin Abdullah saat peluncuran mesin pengering surya untuk industri kulit, Senin (13/4) di Jakarta. Sebelumnya, sudah dihasilkan alat-alat pengering dengan tenaga surya lainnya untuk berbagai komoditas hortikultura, padi, ikan, rumput laut, kopi, coklat, dan sebagainya.

”Prototipe pengering tenaga surya untuk industri kulit sudah diuji coba di Kabupaten Garut, Jawa Barat, dan terbukti meningkatkan pendapatan perajin kulit sampai dua kali lipat, bahkan lebih dari yang sebelumnya,” kata Kamaruddin.

Perajin kulit sebelumnya mengeringkan kulit dengan cara penjemuran di bawah terik matahari. Ketika musim hujan, pengeringan memanfaatkan tenaga listrik atau bahan bakar minyak yang biayanya mahal.

Uji coba dengan alat pengering tenaga surya ini untuk pengeringan 40 lembar kulit domba dengan suhu 47 derajat celsius dibutuhkan waktu rata-rata 78 menit. Untuk 20 lembar kulit sapi dengan tingkat suhu 40 derajat celsius dibutuhkan waktu pengeringan rata-rata 69 menit.

 

Hasil perbandingan keekonomisan dengan alat pengering tenaga surya juga jauh melampaui pendapatan dari cara konvensional itu.

Dengan perhitungan harga alat pengering untuk kulit ini mencapai Rp 120 juta per unit, pendapatan optimal yang bisa diraih mencapai Rp 3,6 miliar per tahun. Jumlah ini jauh melampaui pendapatan dengan pengeringan secara konvensional, yaitu dengan pendapatan optimal hanya berkisar Rp 960 juta per tahun.

Kamaruddin memaparkan, produksi kulit secara nasional cenderung terus meningkat. Pada tahun 2005 dibutuhkan bahan mentah kulit 66 juta feet persegi. Pada tahun 2006 meningkat menjadi 69 juta feet persegi dengan kapasitas 30 persen dari hasil impor.

Kamaruddin berkeyakinan penggunaan energi alternatif akan meluas seiring dengan terus berkembangnya inovasi teknologi penggunaan energi.

Kampanye hemat energi

Pengembangan terus-menerus teknologi yang menggunakan energi alternatif terbarukan juga diikuti pula dengan penggalakan kampanye hemat energi. Di Jakarta, perusahaan Total E&P Indonesie kemarin membuka Kampanye Hemat Energi dengan pameran foto, grafis, dan lukisan.

”Hemat energi merupakan langkah yang sangat penting, terutama bagi industri gas dan minyak,” kata Presiden Direktur Total E&P Indonesie Elizabeth Proust saat menyaksikan pameran tersebut. (NAW)

Jakarta, Kompas

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook