Alpen Steel | Renewable Energy

~ Listrik Akan Menyala Penuh Di Bawean

Listrik di Pulau Bawean Akan Menyala Penuh

Listrik di Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, baru akan menyala penuh mulai malam Lebaran. Karena itu, selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan, 9.600 pelanggan listrik di Pulau Bawean akan tetap menikmati listrik seperti sekarang ini, yakni menyala pukul 17.00 hingga 10.00 setiap harinya.

Jasa Hukum PT Arto Ajeng Energi (AAE) Zulfan Hasyim, yakni kontraktor jaringan listrik di Pulau Bawean, Senin (18/9), mengatakan, listrik belum bisa menyala penuh selama Ramadhan karena nota kesepahaman atau MOU dengan Pemkab Gresik belum ditandatangani. "Bila MOU sudah tuntas, klien kami akan segera mengoperasikan jaringan listrik," kata Zulfan.

Menurut Zulfan, hingga saat ini PT AAE belum menetapkan harga jual listrik kepada masyarakat. Pihaknya sampai sekarang baru menyerahkan ke Pemkab Gresik komponen pendukung harga listrik per kilowatt hour (kWh). Komponen ini nantinya akan dibahas Pemkab Gresik dan DPRD Gresik sebelum menetapkan harga jual listrik.

"Yang pasti dalam kurun waktu satu hingga dua tahun ini harga pemakaian listrik per kWh akan lebih mahal dari PLN," ujarnya.Hal ini disebabkan pembangkit listrik menggunakan bahan bakar minyak. Adapun untuk menekan harga jual listrik nantinya akan digunakan bahan bakar alternatif marine fuel oil (MFO).

Selama ini listrik di Pulau Bawean hanya dijual Rp 680 per kWh, padahal biaya operasional mencapai Rp 1.800 per kWh. Bahan bakar solar yang diperlukan sebanyak 275.000 liter per bulan.

PT PLN Area Pelayanan dan Jaringan (APJ) Gresik menyatakan, sejauh ini belum ada pembicaraan atau berkordinasi terkait dengan pengalihan pengelolaan listrik di Bawean kepada swasta. Aset PLN di Bawean termasuk jaringan senilai sekitar Rp 1 miliar dan empat genset.

"Namun, rencananya aset-aset milik PLN khususnya jaringan listrik akan disewakan kepada pengelola. Mengenai tarif selanjutnya menjadi wewenang penuh dari pengelola yang diputuskan oleh Pemkab Gresik," kata Humas PLN APJ Gresik Amari.

Gresik, Kompas - (ACI)

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook