Alpen Steel | Renewable Energy

~Pengembangan Energi Baru Terbarukan Butuh Rp. 1600 Triliun

EBTKE-- Pemerintah memprediksi kebutuhan investasi untuk pengembangan energi baru terbarukan untuk memenuhi target 23 persen sampai 2025 mencapai Rp1.600 triliun.

Pada tahun 2025 ditargetkan pemanfaatan energi baru terbarukan bisa mencapai 23 persen dalam bauran energi nasional, yang terdiri dari panas bumi 7 persen, bioenergi 10 persen, energi air 3 persen dan lain - lain 3 persen.

"Hitung - hitungan pemerintah kebutuhan sebesar itu diantaranya Rp1.400 triliun bisa dipenuhi melalui investasi sementara sisanya dari alokasi sisa subsidi energi sebesar Rp200 triliun,"kata Ketua Tim Percepatan Pengembangan Energi Baru dan Terbarukan (P2EBT) William P Sabandar di Jakarta.

Menurut dia, sekarang ini pemerintah mulai melakukan langkah - langkah untuk menarik investasi di sektor energi baru terbarukan, yaitu diantaranya mengubah pola kebijakan dengan memberi insentif, meringankan pajak dan mengurangi license. "Berbagai kebijakan harus diubah semuanya untuk menarik investasi,"kata William.

Selain dari investasi dan APBN, lanjut William, untuk memenuhi pendanaan pengembangan energi baru terbarukan juga bisa dipenuhi dari dana ketahanan energi. Dana ketahanan energi yaitu sebuahpool of fundsyang secara khusus dibentuk untuk mendukung target Pemerintah Indonesia dalam mencapai target penyediaan dan pemanfaatan energi sebagaimana diamanatkan oleh Undang- Undang nomor 30 Tahun 2007 tentang Energi dan peraturan pemerintah (PP) 79 Tahun 2014 tentang Kebijakan Energi Nasional. "Terkait dana ketahanan energi ini, sudah dibicarakan kepada Presiden, DPR dan dua kementerian terkait yaitu Menkoperekonomian dan Menteri Keuangan,"katanya.

Disamping persoalan kebijakan dan pendanaan, tutur William, hal lain yang dibutuhkan untuk mengoptimalisasi pemanfaatan energi baru terbarukan adalah dukungan teknologi dan sumber daya manusia yang memadai. "Investasi bidang energi baru terbarukan itu mahal jadi harus dikuasai teknologinya," pungkas dia.

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook