Alpen Steel | Renewable Energy

~Bali Akan Jadi Percontohan Pengguna 100% Energi Bersih

Jakarta-Pemerintah mulai menjadikan Bali sebagai salah sesuatu percontohan daerah dengan penggunaan energi listrik 100% yg memakai energi bersih atau minim polusi pada 2018. Salah satunya dengan mengganti Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD), dengan tenaga gas bumi, matahari hingga biomassa dari sampah.

“2018 kalian targetkan Bali 100% memakai energi listrik bersih khususnya bagi pembangkit listrik,” kata Menteri ESDM Sudirman Said dalam keterangannya, Senin (19/10/2015).

Untuk mencapai target tersebut, Kementerian ESDM mengandeng kerja sama World Agroforestry Council (ICRAF) dan United Nations Office for REDD+ Coordination in Indonesia (UNORCID), serta Pemprov Bali.

“Akan ada 3 tahapan dalam kerja sama ini menuju 2018. Tahap pertama, mengganti PLTD menjadi PLTG mencapai 400 megawatt (MW). Memanfaatkan pengolahan sampah di daerah Suwung sebagai biomassa. Tahap kedua, menyiapkan sistem energi lokal (micro grid) atau listrik tenaga matahari, angin, air, dan lainnya. Tahap ketiga, mengembangkan Centre of Excellence (COE) energi bersih di Bali,” ungkap Sudirman.

Sudirman menambahkan, pembangunan COE energi bersih di Bali ini, nantinya pemerintah daerah Bali mulai menyiapkan lahan, sedangkan Kementerian ESDM menyiapkan resources bagi membangun dan mengembangkan COE tersebut.

“COE ini juga mulai didukung oleh Asian Development Bank, Amerika Serikat, Jepang, dan Korea, serta National Renewable Energy Laboratory’s (NREL),” katanya.

Selain itu, Kementerian ESDM dengan Pemda Bali juga sepakat buat melengkapi Kantor Gubernur Bali dengan sistem energi listrik memakai tenaga matahari atau Pembangkit Listrik Tenaga Surya.

“Atap di kantor Gubernur Bali mulai kami pasangi panel surya. Begitu juga dengan Bandara I Gustri Ngurah Rai mulai dilistrikan dengan panel surya sebesar 4 MW pada 2016. Program ini mulai dimotori Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Koservasi Energi, Kementerian ESDM,” tutup Sudirman.

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook