Alpen Steel | Renewable Energy

~Pemkot Malang Buka Tender Pabrik Sampah

Pendirian pabrik penghasil energi terbarukan diharapkan menjadi solusi mengatasi penumpukan sampah di TPA.

MALANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Malang berencana membuka tender investasi pabrik pengolahan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Supit Urang, Agustus 2015 nanti. 

Pendirian pabrik penghasil energi terbarukan tersebut diharapkan menjadi salah satu solusi mengatasi penumpukan sampah di TPA seluas 32 hektare itu.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Malang, Erik S Santoso optimistis proses tender segera terwujud. Ide pengolahan sampah sudah digagas sejak sepuluh tahun lalu. Apalagi, dengan volume sampah 500 ton per hari, ketersediaan bahan baku (sampah) di TPA sangat mencukupi. Apalagi, penumpukan sampah terus-menerus tentu berdampak pada kerusakan lingkungan. 

Saat ini ada tiga perusahaan yang tertarik berinvestasi di TPA Supit Urang. Mereka telah melakukan kajian di TPA terluas di Kota Malang itu. Ketiga investor itu berasal dari Belanda, Jerman, dan Badan Usaha Pemrakarsa (BUP) dari Jakarta. “Pengolahan sampah menjadi tenaga listrik sudah diterapkan di Surabaya dan Denpasar,’’ ujar Erik kepada wartawan, Jumat (31/7). 

Wali Kota Malang, M Anton menambahkan, pendirian pabrik pengolahan sampah menjadi solusi terbaik mengatasi tingginya volume sampah di TPA Supit Urang, sekaligus sebagai sumber energi listrik dan metana yang tak putus bagi sekitar 500 keluarga yang tinggal di sekitar TPA. 

“Gas metana dan listrik untuk kebutuhan rumah tak akan diputus. Bila perlu ditambah,’’ lanjutnya Anton. Di sisi lain, pengoperasian pabrik akan membuka peluang lapangan kerja baru bagi masyarakat sekitar TPA. “Jika pabrik dibangun, bisa mempekerjakan masyarakat dan pemulung sampah di lokasi tersebut,’’ tegasnya. 

Sumber : Sinar Harapan


Artikel yang berhubungan:
Baca Juga:
Artikel sebelumnya:

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook