Alpen Steel | Renewable Energy

~ SEMINAR : Wujudkan Lumbung Energi Terbarukan Di Lambar

SEMINAR : Wujudkan Lumbung Energi Terbarukan Di Lambar
Pemerintah Kabupaten Lampung Barat mewujudkan daerah itu menjadi lumbung energi terbarukan di Lampung. Hingga kini, Pemkab terus mencari terobosan dan kajian mengelola potensi panas buminya. 

Sekretaris Kabupaten Lampung Barat Nirlan, kemarin (26-8), mengatakan pihaknya kini tengah mengupayakan sejumlah aspek regulasi pengelolaan potensi panas bumi. Hal itu terkait potensi panas bumi di Lambar yang sebagian berada di wilayah konservasi taman nasional. 

Sehingga, pihaknya akan menggelar seminar untuk menyinkronkan seluruh elemen berkepentingan. Seminar digelar di Hotel Sheraton, Bandar Lampung, Kamis (30-8), yang dihadiri praktisi, akademisi, ahli panas bumi Unila dan ITB, anggota DPR, DPRD provinsi, dan juga pejabat pemerintah kabupaten kota se-Lampung. 

Untuk narasumber, pihaknya menghadirkan Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan yang akan membahas secara detail terkait upaya pengelolaan panas bumi yang masuk wilayah konservasi taman nasional. Kemudian Direktur Panas Bumi Kementerian Energi dan Sumber daya Mineral (ESDM) Tisneldi yang akan menjelaskan secara terperinci terkait panas bumi. 

Juga anggota Dewan Energi Nasional Agusman Effendi serta pihak PT Cevron Geothermal Suoh Sekincau (CGSS) yang kini menjadi pengelola panas bumi di Lampung Barat. "Kami akan mencari berbagai regulasi sehingga tujuan eksplorasi potensi panas bumi terlaksana," ujar Nirlan. 

Menurut dia, kegiatan itu menjadi salah satu rangkaian peringatan HUT ke-21 Lampung Barat. Potensi energi baru terbarukan yang cukup penting ada di Kabupaten Lampung Barat, di antaranya Panas Bumi (PLTP) Sekincau-Suoh serta pembangkit listrik tenaga microhydro (PLTMH) yang sebagian besar berada di sekitar dan di dalam Taman Nasional. 

Perbatasan dengan taman nasional itu akan berimbas atau berpengaruh pada kemampuan konstruksi jalan masuk dan jaringan transmisi yang menuju ke daerah lapangan Suoh. Sementara estimasi aliran panas kompleks Sekincau-Suoh diduga 5—50 Mw sehingga potensi terduga mencapai 300 Mw. (HEN/*/D-2)
Sumber : LIWA (Lampost):


Artikel yang berhubungan:
Baca Juga:
Artikel sebelumnya:

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook