Alpen Steel | Renewable Energy

~ Satelit Karya Anak Bangsa segera diluncurkan

Dua Satelit Karya Anak Bangsa Segera Diluncurkan 

INILAH.COM, Bogor - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) akan meluncurkan dua satelit baru. Kedua satelit ini nantinya akan digunakan untuk membantu penanggulangan bencana alam di Indonesia. 

Dua satelit yang rencananya akan diluncurkan pada Juni 2013 ini adalah Satelit LAPAN A2 dan LAPAN A3. Masing-masing satelit ini mempunyai keunggulan dalam pengamatan jarak jauh. Keduanya juga bisa memberikan peringatan dini ketika ada bencana. 

"Dua satelit baru ini diluncurkan untuk melakukan pengembangan kapasitas penyediaan data bencana dan monitoring pertanian dan perairan," kata Kepala Humas LAPAN Elly Kuntjahyowati, seperti dikutip dari Antara, Selasa (26/6). 

Lebih lanjut dijelaskan Deputy of Aerospace Technology LAPAN Soewarto Hardienata dalam siaran persnya, peluncuran satelit dijadwalkan akan dilakukan pada pertengahan Juni 2013. 

"Masing-masing satelit mempunyai misi yang berbeda-beda. Selain untuk komunikasi, juga untuk membantu penanggulangan bencana alam," ungkap Soewito. 

Kedua satelit yang akan diluncurkan ini merupakan karya bangsa Indonesia. Namun, karena keterbatasan teknologi di Indonesia, proses peluncuran akan dilakukan di India.
Menurut Soewarto, saat ini kedua satelit tersebut tengah di kembangkan di Laboratorium LAPAN di Kecamatan Ranca Bungur, Kabupaten Bogor. 

Selain mengembangkan dua satelit tersebut, LAPAN juga sedang mengembangkan pesawat tanpa awak guna menjangkau lokasi-lokasi bencana yang sulit ditempuh. [mor]

(http://teknologi.inilah.com/read/detail/1876506/dua-satelit-karya-anak-bangsa-segera-diluncurkan)

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Product



Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook