Alpen Steel | Renewable Energy

~ PLN belanja sendiri karena GAS mahal

 

Headline
inilah.com
Oleh: Jagad Ananda
 
Gas Mahal, PLN Mau Belanja Sendiri
 

INILAH.COM, Jakarta - Setelah diprotes oleh hampir seluruh pebisnis yang menjadi konsumen gas, PT Perusahaan Gas Negara (PGN) akhirnya harus mengalah. Menurut Menteri Perindustrian MS Hidayat, ia telah berembuk dengan Kementrian Energi dan Sumber Daya Manusia (ESDM).

Hasilnya, harga gas industri akan diturunkan. Berapa besarnya? Tunggu pengumuman yang akan dilakukan PGN , Selasa (26/6) besok. Seperti diketahui, BUMN itu telah menaikkan harga jual secara sepihak.

PGN menetapkan harga jual gas untuk indusri sebesar US$10,2 per mmbtu (million metric british thermal unit). Kenaikkan itu ditetapkan berlaku mulai 1 Mei lalu. Makanya, seluruh perusahaan yang tergabung dalam Forum Lintas Asosiasi Pengguna Gas melakukan protes keras. Mereka menolak, kenaikkan harga yang mencapai 52,9% tersebut.

Nah, setelah munculnya protes dimana-mana, disertai dengan kemungkinan terjadinya PHK terhadap puluhan ribu buruh, pemerintah pun akhirnya turun tangan. Dan hasilnya, ya itu tadi, PGN akan dipaksa untuk menurunkan kembali harga yang telah dipatoknya mulai 1 Mei kemarin.

Tapi sebenarnya protes tidak berhenti sampai di situ. Beberapa perusahaan meminta izin agar bisa membeli gas langsung dari produsen. Tujuannya, tentu saja, agar bisa memperoleh harga yang lebih rendah.

Salah satu yang berencana akan membeli langsung adalah PT PLN. Menurut salah seorang direktur pabrik setrum itu, membeli gas langsung dari ConocoPhlilips tidak melanggar aturan alias sesuai dengan Peraturan Tata Kerja BP Migas Nomor 29, tahun 2009.

Dengan membeli langsung kepada produsen, maka PLN akan memperoleh gas seharga US$7,3 per mmbtu. Itu sudah termasuk ongkos angkut. [mdr]

 

(http://ekonomi.inilah.com/read/detail/1875558/gas-mahal-pln-mau-belanja-sendiri)

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook