Alpen Steel | Renewable Energy

~ Potensi Besar Sebagai Sumber Biogas Miliki Yogyakarta

Yogyakarta Memiliki Potensi Besar Sebagai Sumber Biogas

SOSIALISASI energi terbarukan, harus diakui masih kurang. Tak pelak, tingkat penggunaan energi terbarukan di kalangan masyarakat dinilai masih rendah. Hal ini disebabkan sosiahsasi dari institusi pemerintah maupun pendidikan terkait pemanfaatan energi terbarukan masih kurang. Kurangnya sosialisasi adanya energi ter­barukan tersebut menyebabkan masyarakat enggan untuk menggunakan bionergi.

“Di kalangan masyarakat masih merasa bahwa investasi untuk pemakaian energi terbarukan masih mahal, selain itu seringkali teknologi tepat guna yang dikenalkan kepada masyarakat mengenai penggunaan energi terbarukan terlalu merepotkan,” ungkap peneliti Pusat Studi Pengelolaan Energi Regional (Pusper) UMY Ir Saibun, belum lama ini .

 

Misal , katanya mencontohkan, dalam proses pembuatan biogas dari kotoran ternak, masyarakat masih harus mengangkut kotoran ternak ke lokasi (digester), belum lagi api yang dihasilkan kurang maksimal dan lainnya. Terkait dengan energi terbarukan khususnya biomassa terutama biogas, dalam pemaparan Saibun, Yogya mempunyai potensi besar pada sumber biogas. “Daerah-daerah di Yogyakarta memiliki potensi besar untuk sumber biogas yang berasal dari peternakan,pertanian serta limbah sampah,” tuturnya.

Salah satunya yaitu Desa Potorono di Kecamatan Banguntapan, Bantul. Menurut Saibun di desa tersebut banyak peternakan sapi dimana kotoran ternak tersebut belum dimanfaatkan secara maksimal. Karena itu pulalah, bulan lalu Pusper UMY melaunching ‘Digester Biogas Skala Rumah Tangga 9 m kubik Tipe Fixed Doom‘ di Desa Potorono
Banguntapan, Bantul. “Selama ini , kotoran sapi tersebut seringkali  hanya dibuang sembarangan sehingga menimbulkan polusi udara karena baunya yang cukup menyengat. Padahal dari kotoran sapi tersebut dapat dimanfaatkan sebagai sumber biogas,” kata Saibun sembari menyebut bila hal itu dilakukan Pusper bekerja sama dengan Fakultas Pertanian, Teknik, dan Ekonomi UMY serta Technische Universiteit Eindhoven, Belanda melalui Indonesia Facility Project.

Digester fixed dome ini menjadi jembatan agar masyarakat dapat memperoleh kemanfaatan biogas dari kotoran sapi tersebut. Saibun menambahkan, dengan menggunakan biogas dari kotoran sapi tersebut masyarakat akan memperoleh berbagai keuntungan mulai dari gas yang dihasilkan dan pupuk organik sisa dari pengambilan gas tersebut. “Selain itu kandang peternak juga menjadi lebih bersih, lingkungan juga bebas polusi udara, masyarakat juga akan memperoleh tambahan penghasilan dari menjual pupuk organik,” tambahnya.

Kelebihan dari penggunaan digester fixed dome sendiri diuraikan Saibun, memiliki kelebihan dibandingkan digester jenis lainnya. “Penggunaan fixed dome lebih tahan lama, memiliki tekanan yang rendah dan suhu lebih stabil sehingga produksi gas yang dihasilkan lebih stabil. Sedangkan tipe yang lain tidak tahan lama, memiliki tekanan yang kurang kuat, suhu tidak stabil sehingga produksi gas tidak stabil. Selain itu pada tipe fixed dome lokasi atau lahan di atasnya masih bisa dipakai atau dimanfaatkan karena desainnya yang diletakkan di dalam tanah. Sedangkan tipe lainnya tidak bisa karena didesain di atas tanah,” pungkasnya.

Pemerintah memang harus meningkatkan sosialisasi mengenai energi terbarukan kepada masyarakat. “Institusi pendidikan juga perlu menjembatani antara masyarakat dengan stakeholder yang mendukung pemanfaatan bionergi. Adanya sosialisasi tersebut akan membuat masyarakat tahu mengenai energi terbarukan. Jika nantinya Bahan Bakar Mmyak (BBM) langka maupun listrik naik, masyarakat tidak kaget lagi karena ada energi terbarukan yang mampu menggantikan fungsi dari BBM tersebut,” urainya. (Fsy).

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook